Lihat ke Halaman Asli

Meningkatkan Produktivitas dengan Suasana Kerja yang Harmonis.

Diperbarui: 24 Juni 2015   14:09

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Tidak bisa dipungkiri bahwa suasana kerja yang harmonis akan berbanding lurus dengan produktivitas yang tinggi dari setiap karyawan. Begitu juga sebaliknya. Hal itulah yang mau tidak mau harus disadari dan dimengerti sepenuhnya oleh para pemegang keputusan di setiap perusahaan. Tak terkecuali di perusahaan dimana penulis bekerja selama ini.

Di momen meeting tahunan yang lebih dikenal sebagai Kick Off meeting, tema utama yang disampaikan adalah tentang hubungan antara perusahaan dan karyawan. Dalam hal ini berarti ada juga peran dari serikat pekerja yang ada di perusahaan. Berulang kali kalimat suasana kerja dan hati yang panas ( baca : hangat) keluar dari mulut sang pimpinan tertinggi.

Tampaknya kesadaran akan pentingnya peningkatan sumber daya manusia dan produktivitas yang tinggi mulai meningkat diperusahaan. Walaupun harus sedikit dipaksa dengan situasi perekonomian dunia yang cenderung lesu sehingga membuat perusahaan harus berpikir ulang bagaimana strategi untuk bertahan. Dan tahun ini yang dipilih adalah bagaimana meningkatkan suasana pekerjaan menjadi lebih baik, hangat dan nyaman bagi para karyawan.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menghangatkan suasana kerja. Berikut beberapa item yang menurut penulis bisa dilakukan.

1. Jadikan tempat bekerja sebagai rumah yang kedua.

Bagi sebagian besar orang rumah adalah tempat untuk kembali setelah beraktivitas diluar yang menguras tenaga. Di rumah ada anggota keluarga yang saling mendukung ketika sedang susah maupun senang. Dirumah juga segala masalah yang tidak berhubungan langsung dengan keluarga untuk sementara tidak boleh dibahas, sehingga bisa fokus.

Begitu juga seharusnya tempat kita bekerja, harus dijadikan rumah kita yang kedua. Saling mendukung saling menyemangati dan fokus dengan urusan pekerjaan. Dengan menjadikan area pekerjaan sebagai rumah yang kedua, akan tercipta suasana kerja yang nyaman. Persis seperti kondisi yang ada dirumah kita masing masing.

2. Keadilan bagi semua karyawan

Setiap orang pasti senang jika diperlakukan adil. Begitu juga setiap karyawan didalam perusahaan. Adil disini berarti memberikan reward dan punishment sesuai dengan apa yang dilakukan. Gaji yang sesuai dengan tanggung jawab pekerjaan. Serta hukuman yang tegas dan tidak pandang bulu untuk setiap karyawan yang melakukan kesalahan.

Tidak boleh ada lagi orang orang yang bekerja biasa saja mempunyai gaji yang lebih tinggi dari orang-orang yang bekerja keras. Dengan kondisi tersebut suasana nyaman akan tercapai plus memacu kinerja karyawan lebih baik lagi. Karena jika tidak mereka akan tersingkir dari persaingan.

3. Meningkatkan komunikasi di tempat kerja

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline