Lihat ke Halaman Asli

agung prayogi

hanya mahasiswa

Jenis-jenis Organisasi

Diperbarui: 14 Juni 2021   20:24

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

disusun oleh :

AGUNG PRAYOGI (191011202389)

SAFITRI NUR WAHYUNI (191011200278)

YUNE LAGRASIA (191011201670)

Perilaku organisasi merupakan studi yang menginvestasikan pengaruh individu, kelompok, dan struktur terhadap perilaku di dalam organisasi, untuk tujuan penerapan pengetahuan demi peningkatan efektivitas organisasi. Perilaku organisasi adalah sebuah bidang studi, berarti ia merupakan area ketrampilan yang jelas dengan tubuh keilmuan yang umum. Apa yang dipelajarinya. Hal ini mempelajari tiga penentu perilaku dalam organisasi, yaitu individu, kelompok, dan struktur.

Perilaku organisasi adalah studi mengenai apa yang orang-orang lakukan dalam sebuah organisasi, dan bagaimana perilaku mereka memengaruhi kinerja organisasi. Oleh karena perilaku organisasi sangat berpusat secara khusus pada situasi terkait pekerjaan, maka ia menekankan perilaku dalam hubungannya dengan pekerjaan, kerja, ketidakhadiran, perputaran pegawai, produktivitas, kinerja manusia, dana manajemen.

Jenis-Jenis Organisasi Berdasarkan Tujuannya

A.  Profit Oriented Organization

Tujuan organisasi jenis ini adalah untuk mencari keuntungan sebanyak-banyaknya. Manfaat yang di dapat dari suatu perusahaan yang menganut jenis organisasi ini hanya untuk faktor internal. Artinya, hanya orang-orang yang bekerja sama dengan perusahaan tersebut yang akan memperoleh manfaatnya.

Contoh: Perseroan Terbatas.

B. Non Profit Oriented Organization (Organisasi Sosial)

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline