Lihat ke Halaman Asli

[Pangan 2019] Peringatan HPS ke-39 di Kota Kecil

Diperbarui: 30 Oktober 2019   08:56

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Nature. Sumber ilustrasi: Unsplash

Hari Pangan Sedunia (HPS) atau World Food Day diperingati setiap tanggal 16 Oktober. Peringatan Hari Pangan Sedunia Tahun 2019 yang ke 39, tingkat Jawa Tengah diselenggarakan di halaman kampus 3 IAIN Jalan Lingkar Selatan Salatiga, yang berlangsung selama tiga hari pada tanggal 25 Oktober -- 27 Oktober 2019. Tema yang diangkat yaitu "Teknologi Industri Pertanian & Inovasi Mewujudkan Daulat Pangan" tema ini untuk menyongsong 2045 Indonesia sebagai lumbung pangan dunia .

Hari pangan sedunia ini merupakan ajang untuk mengenalkan berbagai hasil pertanian kepada masyarakat melalui stand-stand yang ikut berpartisipasi dari berbagai daerah di Jawa Tengah. Hasil pertanian yang dikenalkan tersebut berupa tanaman budidaya, produk hasil olahan dan inovasi pangan. Salah satu stand yang menarik perhatian yaitu stand yang mengenalkan tanaman vanili. Tanaman vanili dikenal sebagai tanaman penghasil aroma vanila. Dalam stand tersebut menjelaskan tentang cara pembibitan vanili, penawaran bibit vanili hingga penawaran media untuk budidaya vanili.

Dalam ivent ini selain stand-stand yang memperkenalkan hasil pertanian, diadakan juga berbagai perlombaan. Salah satu perlombaan yang diadakan yaitu menyusun berbagai umbi diantaranya yaitu umbi jalar, singkong dan sebagainya. Umbi tersebut disusun sekreatif dan semenarik mungkin yang dilengkapi dengan berbagai hiasan. Dalam memeriahkan ivent ini tentunya ada band lokal yang ikut berpartisipasi untuk membuat suasana menjadi enjoy dan tidak membosankan.  Acara ini dikunjungi dari berbagai usia mulai dari anak- anak hingga orang tua.

Melalui penyelenggaraan Hari Pangan Sedunia ini masyarakat mendapatkan banyak pengetahuan tentang pentingnya mutu pangan melalui berbagai stand yang ikut berpartisipasi dan diharapkan melalui Hari Pangan Sedunia (HPS) dapat memberikan dampak yang besar terhadap terjaminnya pangan di Indonesia.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline