Lihat ke Halaman Asli

hakikat perkembangan anak didik dan perkembangan biologis serta perseptual anak

Diperbarui: 26 Juni 2015   12:07

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

*

BAB I & II

A. PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN

1. Definisi perkembangan dan pertumbuhan

Menurut Santrock & Yussen ( 1992 ), perkembangan yaitu pola perubahan individu yang berawal pada masa konsepsi dan terus berlanjut sepanjang hayat. Perkembangan merupakan proses perubahan menuju kedewasaan, bersifat tidak dapat balik dan dapat dinyatakan secara kualitatif. Perkembangan dapat pula mencakup perubahan- perubahan yang bersifat involusi ( penurunan dan perusakan menuju ke arah kematian ) yang terjadi secara teratur dan terorganisir dalam hal struktur maupun fungsi. Namun, perlu diingat bahwa tidak setiap perubahan yang dialami individu tertentu merupakan perkembangan.

Menurut Witherington dan Hurlock ( Abin Syamsuddin Makmun, 1996 ), pertumbuhan merupakan perubahan secara psikis jika perubahan tersebut berupa munculnya sesuatu fungsi yang baru seperti munculnya kemampuan berpikir, simbolik dll. Pertumbuhan ini terbatas pada perubahan- perubahan yang bersifat evolusi ( menuju ke arah yang lebih sempurna ) dan juga bersifat kuantitatif yang terbatas pada pola perubahan fisik yang dialami individu sebagai hasil dari proses pematangan.

2. Perbedaan perkembangan dan pertumbuhan

Perkembangan ( development )

Pertumbuhan ( growth )

·Proses perubahan menuju kedewasaan

·Proses perubahan yang tertuju pada perubahan fisik

·Dinyatakan secara kualitatif

·Dinyatakan secara kuantitatif

·Bersifat involusi

·Bersifat evolusi

·Terbatas pada hal struktur dan fungsi sesuatu

·Terbatas pada hal yang berkaitan dengan psikis maupun fisik

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline