Lihat ke Halaman Asli

Aep Saepudin

Mahasiswa STAI Riyadhul Jannah

Iman dan Akhlak Menjadi Benteng dalam Menghadapi Era Globalisasi

Diperbarui: 7 Oktober 2022   09:42

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Perkembangan zaman yang ditandai dengan kemajuan globalisasi semakin meningkat dari waktu ke waktu. Peralatan yang serba canggih, teknologi yang semakin marak menjadi bagian terpenting dalam perkembangan zaman. 

Segala sesuatu semakin mudah diakses hanya dengan menggunakan suatu alat yang disebut handPhone. Apalagi HandPhone sekarang yang sudah berbasis android mampu mengakses segala hal dalam sekejap hanya melalui genggaman. Namun dengan semakin berkembangnya zaman serta majunya era globalisasi, bukan berarti kita harus terlena dengan segala fasilitas yang semakin memudahkan kita. Karena segala hal tidak akan terlepas dari dampak positif dan negatif. Karena tak sedikit asupan yang kiota konsumsi dari berbagai media yang kita akses akan dapat mempengaruhi akhlak dan kepribadian kita. 

Budaya barat yang semakin banyak masuk kedalam kultur kita bisa menjadi bagian yang dapat merubah karakter bangsa. Oleh karena itu, untuk mencegah dampak negatif tersebut kita memerlukan sesuatu yang mampu menjadi benteng kita dalam menghadapi era globalisasi ini. Salah satu hal terpenting yang mampu menjadi benteng kita dalam menghadapi era globalisai adalah dengan memperkuat Iman serta akhlak kita. Iman merupakan benteng seorang muslim, dasar kepercayaan umat Islam. Akhlak merupakan bagian dari kehidupan setiap orang, prilaku yang dapat menjadi patokan penilaian orang lain terhadap kita serta karakter yang mencerminkan jati diri kita.

Penguatan iman dan Penanaman akhlak sangat diperlukan bahkan harus dilakukan dari sejak dini, agar menjadi alat yang mampu membentengi kita dari bobroknya nilai dan moral sehingga kita mampu memfilter asupan-asupan yang kita konsumsi dari berbagai media.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline