Lihat ke Halaman Asli

Adrian Chandra Faradhipta

TERVERIFIKASI

Menggelitik cakrawala berpikir, menyentuh nurani yang berdesir

Menelisik Makna Pahatan Alat Musik di Candi Borobudur dalam Sound of Borobudur

Diperbarui: 11 Mei 2021   22:15

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Relief Alat Musik di Candi Borobudur. Sumber: patembayancitraleka.wordpress.com


Wah siapa yang sudah pernah berkunjung ke candi Borobudur? Saya sendiri setidaknya sudah 3 kali mengunjungi dan berkeliling di Candi Budha terbesar di dunia ini.

Megah dan rumitnya pembuatan Candi Borobudur yang merupakan alah satu situs warisan UNESCO ini tentu akan membuat para pelancong yang datang dan berkunjung akan terkagum-kagum atas sebuah pencapaian arsitektur masa lampau oleh leluhur kita.

Namun, jika ditelisik lebih dalam banyak relief di Candi Borobudur yang memiliki pesan dan seolah seperti rekaman sejarah serta perpustakaan terhadap kebijaksanaan masyarakat di tanah jawa pada masa lampau.

Salah satu diantaranya yaitu penggunaan alat musik di lebih dari 200 relief pada 40 panil Candi Borobudur.

Relief Alat Musik yang Mengundang Tanya

Relief Alat Musik di Candi Borobudur. Sumber: Twitter PSTK ITB

Relief Alat Musik di Candi Borobudur. Sumber: dictio.id

Dari sekian banyak relief di Candi Borobudur ternyata ada yang istimewa dan sering luput dari perhatian pengunjung termasuk saya yang sudah berkali-kali ke sana.

Banyak dari pengunjung yang hanya berkeliling mengagumi betapa megahnya candi ini termasuk bagaimana teknik mereka membangunnya dengan peralatan sederhana, mengukir bebatuan lalu dirangkai menjadi sebuah perpaduan yang memiliki alur cerita dan makna.

Nah ternyata ada sejumlah plat dalam rangkaian relief di Candi Borobudur yang menyimpan cerita khususnya terkait alat musik. Jika ditotal pahatan alat musik ini ada di lebih 200 relief dalam 40 panel.

Uniknya alat-alat musik yang tergambarkan di relief-relief Candi Borobudur ternyata bukanlah alat musik yang sering ditemui di tanah jawa saja, ada berbagai alat musik yang identik dengan alat musik di Kalimantan bahkan memiliki kemiripan dengan alat musik dari 34 provinsi di Indonesia sampai luar negeri seperti India dan Thailand

Pada relief candi Borobudur khususnya pada relief Karmawibhangga, Lalitavistara, Adaria Jtaka, dan Gandawyuha dapat kita temukan alat-alat musik, sepeti suling, simbal, lute, ghanta, cangka (terompet dari siput), saran dan gendang. Alat-alat musik yang konon berasal dari India dan Thailand juga dapat ditemukan di relief-relief Candi Bordobudur.

Menariknya penemuan ini bahkan membuat berbagai tanda tanya dan teori bahwa dulu Candi Borobudur pernah dijadikan tempat semacam hub/ pusat pertunjukan para pemusik dari berbagai wilayah di Indonesia bahkan dunia. Bahkan ada juga yang berteori bahwa Candi Borobudur adalah pusat kesenian musik di nusantara dan kawasan bahkan dunia pada abad ke-6.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline