Lihat ke Halaman Asli

Aditya Nugraha

Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang

Edukasi Pentingnya Menabung Sejak Usia Dini dan Membuat Tabungan dari Botol Plastik Bekas di Tk Aisyiyah Bustanul Athfal 16

Diperbarui: 26 September 2022   20:03

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Proses Pembuatan Tabungan Bersama Adik - Adik Tk Aba 16 (Dokpri)

Program Kegiatan Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) yang diadakan oleh Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) merupakan salah satu kegiatan yang diikuti oleh mahasiswa UMM baik Perorangan ataupun berkelompok yang memilki tujuan untuk memberikan suatu manfaat kepada masyarakat untuk lebih produktif di dalam kehidupan sehari - hari.

Kelompok 71 gelombang 6 melakukan pengabdian di Tk Aisyiyah Bustanul Athfal 16 Kota Malang, Jawa Timur. Kegiatan ini kami berada di bawah naungan Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (DPPM). Kelompok kami dalam pengawasan Dosen Pembimbing Lapangan oleh Bapak Risky Angga Pramuja,SE.,M.Ec.Dev.

Pada kegiatan ini kami seluruh anggota kelompok 71 gelombang 6 PMM Universitas Muhammadiyah Malang sedang menjalankan sebuah program membuat tabungan celengan dari botol plastik bekas. Membuat tabungan ini tidak hanya mengajarkan kepada adik- adik Tk Aba 16 untuk menyisikan uang saku untuk ditabung. Tetapi, kami membuat tabungan ini mendaur ulang botol plastik bekas untuk menjadi celengan tabungan.

Proses Adik - Adik Membuat Tabungan (Dokpri)

Kesadaran akan pentingnya menabung sejak dini merupakan hal yang paling sulit dilakukan. Mengingatkan anak untuk hidup hemat dan menghargai uang yang dimiliki dapat memotivasi anak supaya lebih rajin menabung. Menabung memiliki banyak manfaat bagi anak, salah atunya adalah dapat menghidarkan dari perilaku konsumtif.

Salah satu cara untuk mengajarkan anak menabung adalah dengan mengarahkan kepada adik - adik pada tujuan sesuai keinginan dan mengajarkan bahwa keinginan tersebut dapat tercapai dengan menaung dari uang jajan mereka. Bila adik - adik sudah memahami pentingnya kebiasaan manabung sejak dini, maka mereka akan terbiasa untuk hidup hemat dan mengelola uangnya dengan bijak hingga dewasa.

Hasil Tabungan Yang Dibuat Oleh Adik - Adik Tk Aba 16 (Dokpri)

Kegiatan ini disambut dengan antusias yang luar biasa dari adik - adik Tk Aisyiyah Bustanul Athfal 16 Kota Malang. Semoga dengan dilakukan edukasi dan program pembuatan tabungan ini, adik - adik dari Tk Aba 16 mampu mengelola keuangannya dengan baik dan bisa memberikan manfaat bagi dirinya sendiri serta orang lain di masa yang akan datang.





BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline