Lihat ke Halaman Asli

Adi Bermasa

TERVERIFIKASI

mengamati dan mencermati

Sorotan Kepala PPATK Ibarat Petir Menggelegar Guncangkan Sumbar

Diperbarui: 31 Agustus 2016   10:58

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

REPRO: PADANG EKSPRESS

Temuan Kepala Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) Muhammad Yusuf benar-benar mengejutkan Sumatra Barat.

Disebutkan Muhammad Yunsuf dalam ceramahnya di hadapan peserta Pelatihan Bersama Aparat Penegak Hukum 2016 yang digelar Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di Hotel Pangeran's Beach Senin (29/ 8), bahwa para pejabat di Sumatra Barat benar- benar menjadi sorotan lembaga penegak hukum di pusat. yang mencengangkan, terendus 109 transaksi mencurigakan yang melibatkan kepala daerah, pejabat, politisi hingga aparat hukum dalam tujuh bulan terakhir.

Apa yang disampaikan Kepala PPATK tersebut sungguh mengguncangkan Sumatra Barat. Ibarat petir menggelegar siang hari. Bahkan siang sampai malam kemarin, ungkapan Kepala PPATK itu jadi topik pembicaraan di banyak tempat : warung kopi, rumah ibadah, perkantoran, komunitas politik dan lainnya.

Maklum saja, ungkapan Kepala PPATK itu kebanyakan muncul jadi headline beberapa surat kabar harian terbit di Sumatra Barat. Bahkan Padang Ekspres yang tampil dengan berita utamanya,sekaligus dibarengi dengan /karikatur 'Pak Gendut' hampir seperempat halaman depan, dengan tampang sangat menarik. 'Pak Gendut pakai peci, tidak pakai mata, hidung dan mulut. Dan pada wajahnya ada tanda tanya (?) sangat menyolok.

Pak Gendut juga pakai dasi, jas hitam, baju putih. Dan dari saku bajunya bermunculan gambar uang rupiah merah yang kelihatan akan berserakan, karena dalam bajunya tidak bisa lagi menampung uang sangat banyak.

Disebutkan, transaksi mencurigakan itu tidak lazim. Sebab ada individu yang melakukan transaksi tunai Rp 500 juta sehari. Bukan tidak mungkin semua itu berasal dari gratifikasi, suap, bahkan pemerasan.

Meski begitu, PPATK menegaskan bhwa semua itu belum dapat dikatakan sebagai tindak pidana. Sekarang masih dianalisa.

Diharapkan seluruh pejabat di Sumatra Barat harus lebih berhati- hati. Kalau tidak, tentu akan berurusan dengan aparat hukum.

Saat ini sangat sulit mencari figur yang benar- benar bersih.

Dari ungkapan Kepala PPATK itu tergambar bahwa di Sumatra Barat saat ini lembaga pemerintahannya tengah dalam sorotan dan jadi bahan analisa oleh aparat penegak hukum.

Karena 109 transaksi yang mencurigakan itu sudah dalam pantauan PPATK, jelas berkelanjutan dengan penganalisaan yang lebih jelimet. Dan lembaga PPATK sampai saat ini jelas masih jadi kepercayaan Pesiden,tentu aparat PPATK jelas bukan pribadi-pribadi yang bisa 'digoyang' untuk dilemahkan keimanannya.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline