Lihat ke Halaman Asli

Blasius Mengkaka

TERVERIFIKASI

Guru.

Saya Lebih Menghargai Produk Berkualitas Tinggi

Diperbarui: 3 Januari 2022   09:19

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Pepatah Jerman mengatakan, Wer bilig kauft, kauft zweimal. Pepatah ini berarti, siapa membeli murah, dia membeli dua kali. Pepatah ini mengajak para konsumen untuk membeli produk-produk berharga lebih murah (seltener Produkte), tetapi berkualitas tinggi (hochwertige Produkte). 

Pilihan untuk memilih produk yang berkualitas tinggi (hochwertige Produkte) membutuhkan keahlian tiap-tiap individu. Banyak orang terkecoh membeli produk mahal tetapi hanya bertahan satu atau dua tahun. Produk berharga termahal (teureres Produkte) belum tentu produk berkualitas tinggi (hochwertige Produkte). 

Hari ini Notebook yang saya pakai ini sudah berusia 10,5 tahun. Notebook ini saya beli di UD Thonbers Computer Atambua pada tahun 2011, bermerk Acer. Saat itu 1 unit Notebook Acer berharga Rp 3,5 juta. Saya bangga karena Notebook Acer ini bukan produk second/bekas. Selama 10,5 tahun saya pakai, Notebook ini jarang mengalami kerusakan. Saya telah menggantikan Hardisknya hanya sebanyak 1 kali selama 10,5 tahun, luar biasa.

Dalam hal ini pepatah Jerman di atas menyata bagi saya. Pengalaman nyata ini mendorong saya untuk menghargai suatu produk bukan pada mahalnya harga, tetapi pada tingginya kualitas suatu produk. Notebook ini terbukti bertahan lama di tangan saya namun tetap canggih. Jadi saya lebih suka membeli produk-produk berharga lebih murah (seltener Produkte) tetapi berkualitas tinggi (hochwertige Produkte).




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline