Mohon tunggu...
Blasius Mengkaka
Blasius Mengkaka Mohon Tunggu... Guru - Guru.

Guru profesional Bahasa Jerman di SMA Kristen Atambua dan SMA Suria Atambua, Kab. Belu, Prov. NTT. Pemenang Topik Pilihan Kolaborasi "Era Kolonial: Pengalaman Mahal untuk Indonesia yang Lebih Kuat" dan Pemenang Konten Kompetisi KlasMiting Periode Juli-September 2022.

Selanjutnya

Tutup

Gadget Pilihan

Saya Lebih Menghargai Produk Berkualitas Tinggi

3 Januari 2022   08:44 Diperbarui: 3 Januari 2022   09:19 148
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Pepatah Jerman mengatakan, Wer bilig kauft, kauft zweimal. Pepatah ini berarti, siapa membeli murah, dia membeli dua kali. Pepatah ini mengajak para konsumen untuk membeli produk-produk berharga lebih murah (seltener Produkte), tetapi berkualitas tinggi (hochwertige Produkte). 

Pilihan untuk memilih produk yang berkualitas tinggi (hochwertige Produkte) membutuhkan keahlian tiap-tiap individu. Banyak orang terkecoh membeli produk mahal tetapi hanya bertahan satu atau dua tahun. Produk berharga termahal (teureres Produkte) belum tentu produk berkualitas tinggi (hochwertige Produkte). 

Hari ini Notebook yang saya pakai ini sudah berusia 10,5 tahun. Notebook ini saya beli di UD Thonbers Computer Atambua pada tahun 2011, bermerk Acer. Saat itu 1 unit Notebook Acer berharga Rp 3,5 juta. Saya bangga karena Notebook Acer ini bukan produk second/bekas. Selama 10,5 tahun saya pakai, Notebook ini jarang mengalami kerusakan. Saya telah menggantikan Hardisknya hanya sebanyak 1 kali selama 10,5 tahun, luar biasa.

Dalam hal ini pepatah Jerman di atas menyata bagi saya. Pengalaman nyata ini mendorong saya untuk menghargai suatu produk bukan pada mahalnya harga, tetapi pada tingginya kualitas suatu produk. Notebook ini terbukti bertahan lama di tangan saya namun tetap canggih. Jadi saya lebih suka membeli produk-produk berharga lebih murah (seltener Produkte) tetapi berkualitas tinggi (hochwertige Produkte).

Mohon tunggu...

Lihat Konten Gadget Selengkapnya
Lihat Gadget Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun