Lihat ke Halaman Asli

Gilang Febyeta Agildaniar

Mahasiswa jurusan hubungan internasional

Mahasiswa PMM UMM Beri Edukasi Sosial Budaya Negara Asia Timur di Panti Asuhan Akhlaqul Karimah

Diperbarui: 22 Desember 2021   08:00

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) sendiri merupakan program modifikasi dari program Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang diadakan oleh Universitas Muhammadiyah Malang. Hal ini sebagai wujud para mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang untuk memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar sesuai dengan peraturan persyaratan pihak kampus.

Kelompok 36 gelombang 16 PMM-UMM 2021 kali ini melakukan pengabdian di Panti Asuhan Akhlaqul Karimah, tepatnya di Jl. Joyo Grand, Merjosari-Malang pada Sabtu 20 November 2021 dan Jumat 3 Desember 2021. Dengan program kerja Edukasi Keragaman Sosial dan Budaya di Benua Asia Timur. Hal ini bertujuan untuk mmemberikan informasi mengenai keragaman aspek sosial dan budaya yang ada di negara-negara Asia Timur.

Diawali dengan edukasi sosial dan budaya di negara China, Jepang, dan Korea Selatan. Kami menyajikan informasi mengenai budaya, pakaian khas, makanan khas, sejarah, sampai pada keadaan sosial dari ketiga negara tadi. Teman-teman Panti Asuhan mendengarkan dengan seksama sambil menikmati suguhan snack untuk menciptakan suasana yang lebih santai. Antusias dari audience terlihat saat sesi tebak-tebakan. Kami memberikan beberapa stiker tempat bersejarah dari beberapa negara yang diacak dan meminta adik-adik untuk mencocokkan gambar yang ada dengan nama negara.

Tak hanya materi yang diberikan, adanya sesi tanya jawab dan game merupakan salah satu usaha dari pemateri ahar audience tetap dapat menerima materi dengan baik dan emngurasi rasa bosan. Anak-anak terlihat aktif saat sesi tebak-tebakan, karena siapa yang berhasil menjawab dengan benar akan mendapatkan hadiah.

''Dengan adanya kegiatan seperti ini kami berharap dapat melatih anak-anak agar percaya diri dalam menyampaikan pendapat dengan baik''. Ujar anggota kelompok PMM.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline