Lihat ke Halaman Asli

JNE Dorong UMKM untuk Kebangkitan Ekonomi Indonesia di Era Digital

Diperbarui: 15 Januari 2022   20:16

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumentasi Pribadi

Kebangkitan ekonomi Indonesia tidak lepas dari majunya UMKM yang ada. Pola penjualan dan pemasaran juga ikut berubah, semuanya dikarenakan digitalisasi, terutama pada revolusi industri 4.0. 

Segala kebutuhan kini bisa dibeli secara online, dijual bebas di market place seolah untuk mendapatkan segala sesuatu yang dibutuhkan kini hanya perlu menggerakkan jari.

Sebagai pelaku UMKM, saya turut mengambil peluang yang ada. Pertama kali terjun dalam dunia digital khususnya pemasaran online dan market place, masalah pun datang. Tentu saja masalah pengiriman yang diluar kemampuan saya. Saat itu mungkin jasa ekspedisi pengiriman masih belum siap mengawal kemajuan industri yang bergerak secara massive ini.

Dokumentasi Pribadi

Produk yang saya jual merupakan kebutuhan rumah tangga dengan ukuran dan resiko yang sangat besar. Saya kerap kali kebobolan tarif ongkir karena adanya selisih berat, dan juga penalti volume. Belum lagi masalah kurir yang kerap kali ngaret bahkan tidak kunjung pick up pada yang sudah ditentukan.

Masalah kedua hadir dimana pelanggan dari media sosial menginginkan pembayaran COD. Mereka belum mengenal market place dan belum percaya akan bisnis saya sehingga urung untuk membayar transfer, namun itu adalah peluang besar bagi saya.

Saya kesulitan, namun terus mencari cara agar bisa melayani pembayaran COD di luar market place. Hanya ada satu solusi saat itu, JNE membuka peluang untuk bisnis saya semakin berkembang dengan adanya program JLC yang sekaligus menjadi syarat utama dalam program COD JNE. Selain itu, ada keuntungan member berupa poin yang dapat ditukarkan voucher ongkir untuk meringankan tarif ongkir dalam setiap pengiriman, dan bisa menukarkan dengan voucher belanja ataupun produk fisik seperti handphone.

Kemudian bisnis pun melonjak pesat, berkat JLC saya mempelajari produk pengiriman JNE dan akhirnya saya tahu akan adanya produk JTR yang dapat mengirimkan barang yang besar dan berat dengan tarif yang sangat terjangkau.

Dengan JTR saya juga tidak ragu membeli bahan baku produk usaha saya, karena harga di marketplace jauh lebih murah dan saya pun tidak perlu khawatir dengan masalah tarif ongkir yang mahal karena JTR dapat mengirimkan produk berukuran besar dengan beban yang berat namun harga tetap terjangkau.

Bisnis pun berjalan lancar sampai saat ini, selama menggunakan JTR dan layanan COD JNE, saya tidak pernah mendapatkan komplain dari konsumen saya. Dan yang menguntungkan lagi saya bisa menukarkan poin JLC dengan beragam produk yang ada.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline