Lihat ke Halaman Asli

zhuricien melvy

masih belajar buat artikel

Penyebab Insecure karena Medsos

Diperbarui: 28 September 2021   17:35

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Zhuricien Melvy
202110230311206

KARENA SOSIAL MEDIA AKU INSECURE?

Di era sekarang media sosial sudah bukan lagi hal yang tidak dikenal. Tak hanya para remaja, bahkan orang dewasa, orang tua, dan juga anak-anak mulai menggunakan media sosial baik itu pria maupun wanita. Media sosial membawa pengaruh yang baik dan juga buruk bagi penggunanya. 

Media sosial sudah sangat familiar dikalangan dewasa dan remaja khususnya. Ada banyak macam -- macam aplikasi media sosial yang digunakan di era sekarang seperti Instagram, Tiktok, Facebook, dan lain-lain. Kita ambil contoh yang sedang marah diera sekarang adalah tiktok dan instagram, apalagi sejak adanya covid-19 tiktok dan instagram menjadi platform untuk membuat konten sebaik mungkin, semenarik mungkin, secantik mungkin dan juga setampan mungkin.

KENAPA BISA TIMBUL PERASAAN INSECURE?

Sudah tidak asing lagi kita mendengar sebutan Selebgram ataupun Influencer yang memperlihatkan kecantikan yang diidam-idamkan seperti wajah yang mulus tanpa jerawat, putih bersih, body yang ideal. Hal ini menyebabkan banyak dari sebagian orang merasa ingin seperti mereka namun merasa tidak mampu, banyak dari sebagian orang juga merasa iri karena kecantikan hal hal lain yang membuat mereka merasa insecure.

APA ITU INSECURE?

Menurut Abraham Marlow, Insecure adalah suatu keadaan dimana seseorang yang merasa tidak aman, menganggap dunia sebagai sebuah hutan yang mengancam dan kebanyakan manusia berbahaya dan egois. Insecure juga bisa diartikan sebagai istilah yang menggambarkan kondisi atau perasaan seseorang saat merasa cemas berlebih, merasa dirinya kurang, tidak percaya diri dan bahkan merasa tidak layak hidup.

Insecure yang kerap dialami adalah soal kekurangan pada fisik seseorang, soal kecantikan yang dirasa kurang pada diri seseorang. Viralnya kata "glow up" menbuat insecure semakin banyak dialami terutama para wanita.

APA DAMPAK DARI INSECURE?

Dilansir dari situs Halodoc, jika perasaan Insecure terjadi secara terus menerus akan menyebabkan gangguan pada kesehatan mental seperti gangguan kepribadian, depresi, merasa tertekan, paranoid, gangguan makan dan kegiatan sehari-hari. Insecure adalah kondisi yang tidak boleh dibiarkan terus menerus. Pasalnya, hal ini bisa berkaitan dengan kondisi tubuh yang menyebabkan menurunnya kualitas hidup

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline