Lihat ke Halaman Asli

muhammad zaki alimudin

Penikmat fotografi dan selalu sakaw untuk menulis

Ikuti 6 Langkah Berikut Agar Foto Malam Kamu Semakin Wow!

Diperbarui: 4 Desember 2016   18:07

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

foto diambil dari hotel regatta Bandung. dokpri

Halo pecinta fotografi Kompasiana, hari ini saya akan membahas beberapa tips dan teknik dalam melakukan pemotretan City Light. Genre ini memang sangat populer khususnya buat mereka yang baru belajar fotografi.

Bukan saja menyenangkan karena bisa berkegiatan di malam hari. Hasil fotonya pun bisa membuat anda tampak seperti professional yang tahu banyak tentang teknik fotografi. hehehe.

Genre City Light seperti juga namanya, adalah foto yang diambil pada malam hari untuk menunjukan denyut kehidupan sebuah tempat biasanya perkotaan atau pemukiman. Jadinya genre ini memang agak berbeda dengan genre fotografi alam yang diambil pada malam hari, seperti foto-foto Star Trail.

foto ini diambil di moko, Bandung sumber: gariswarna.com

Tantangan yang ada pun berbeda dengan memotret di alam pada malam hari. Teknik yang digunakan pun agak sedikit berbeda. Untungnya kelebihan genre fotografi City Light dibanding dengan pemotretan malam lainnya adalah, waktunya jauh lebih ringkas dan karena tempatnya pun di kota, jadi lebih mudah di akses. Peralatan fotografi yang dibawa pun bisa minim, hanya kamera, lensa wide dan mungkin flash, kalau dibutuhkan.

Kabar baik untuk kalian yang sedang  asyik menggeluti genre ini, kamera digital saat ini baik Mirrorless, DSLR atau kamera hp sudah punya teknologi sensor yang baik. Sehingga detail pada malam hari yang kalian dapatkan jauh lebih baik dibandingkan dengan kamera digital yang dulu.

Terus bagaimana dengan kamera hp atau pocket (kamera saku)? Untuk kamera hp sampai saat ini setahu saya belum ada fitur manual yang memungkinkan eksposur lama (lebih dari satu detik). Sedangkan untuk kamera pocket tergantung (harganya???).

Ada beberapa kamera pocket yang punya mode manual. Tapi sayangnya harga untuk kamera saku yang punya fitur manual biasanya lebih tinggi dari yang tidak mempunyai pengaturan manual.

Terus bagaimana dengan persiapan, tips sampai teknik memotretnya? Kalau itu jangan khawatir. Dari jaman film sampai digital sekarang ini teknik pemotretan pun masih sama. Begitu juga dengan persiapannya.

Kalau begitu mari kita mulai dari persiapannya.

Scouting/survey Tempat

sumber: pixabay

Beberapa tahun belakangan ini kalau diperhatikan karya foto City Light terbaik adalah yang diambil dari ketinggian. Kebanyakan foto tersebut di ambil dari gedung. Buat kamu yang ingin menciptakan foto City Light terbaik sebaiknya mencari gedung tinggi yang bisa diakses untuk melakukan pemotretan.

Beberapa tempat yang paling gampang di akses adalah kamar hotel. Cuma kami tidak merekomendasikan yang tidak-tidak yah. Hanya saja kamar hotel yang paling gampang, meskipun ada beberapa masalah kalau memotret dari dalam kamar hotel.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline