Lihat ke Halaman Asli

Yusuf Ari Bahtiar

Sabar iku ingaran mustikaning laku

Tak Semua Jenis MLM Itu Merusak, Justru Ada yang Membuatmu Super Kaya

Diperbarui: 13 Maret 2021   07:32

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

https://unsplash.com/photos/hpjSkU2UYSU 

Multi Level Marketing atau bahasa kerennya MLM, adalah salah satu usaha yang didirikan untuk mendapatkan keuntungan yang besar.  Skala MLM sendiri bisa sebatas lokal maupun multinasional. Sudah banyak perusahaan yang menerapkan sistem perdagangan yang melibatkan puncak dan kaki atau tangan. Kebanyakan MLM akan menitik beratkan penyampaian target pada anggota paling bawah, mereka yang harus bekerja keras sedangkan yang dipuncak tinggal memberikan motivasi serta semangat terhadap mereka tanpa harus menjual barang lagi, dan dia akan mendapatkan keuntungan dari penjualan kaki atau tangannya.

Istilahnya  yang kaya akan semakin kaya dan yang lemah akan semakin tertekan. Walaupun terkadang ada yang tidak sampai begitu. Lalu apakah MLM itu diperbolehkan? 

Dari beberapa sumber informasi, berdagang dengan barang MLM itu boleh saja, asalkan tidak merekrut anggota, kalau merekrut anggota sama saja dengan MLM pada umumnya.

Ada satu lagi yang perlu kamu tahu, tak semua MLM itu membuat sengsara, adakalanya kamu akan mendapatkan kebahagiaan yang sempurna, serta bisa saja nikmat itu melebihi dunia dan seisinya, lebih kaya dari orang terkaya di dunia ini. Salah dua MLM yang bisa kamu coba:

Ilmu yang bermanfaat

Ilmu yang bermanfaat akan mendatangkan kebaikan untuk dirinya sendiri dan kepada orang yang diajari. Ketika satu orang diajari, lalu dia mengajarkan ke 30 orang setiap tahunnya, berapa kah kebaikan yang akan didapatkan setelah ilmu itu diamalkan oleh mereka?

Perilaku yang Baik

Perilaku itu sebenarnya juga masih ada kaitannya dengan ilmu yang bermanfaat, sebagai contoh ketika seseorang mengajarkan untuk berbagi, baik dengan hartanya maupun potensi yang dimiliki, lalu orang yang diajak ikut beramal lalu dia mengajarkan lagi ke orang lain, berapa pahala atau reward yang akan didapatkan? 

Kedua hal tadi, ilmu yang bermanfaat dan perilaku yang baik, sistemnya juga sama dengan MLM, bedanya jenis MLM ini akan mendatangkan kebahagiaan di dunia dan terlebih besok di akhirat.

Jika ada kekurangan dan kesalahan mohon dimaafkan, Semoga penjelasan yang singkat ini bermanfaat buat semuanya... Terimakasih




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline