Lihat ke Halaman Asli

Strategi Menulis

Diperbarui: 17 Juni 2015   16:55

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bahasa. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Jcstudio

A.Pengertian Strategi Menulis.

Suatu cara atau teknik yang di gunakan guru dalam pembelajaran menulis sehingga dapat tercapainya tujuan yang diinginkan.

B.Cara-cara Memilih Strategi Menulis.

Dalam memilih stategi menulis kita harus memperhitungkan segala kemungkinan yang akan terjadi dan harus jeli dalam memilih strategi menulis ini. Ada beberapa cara yang harus diperhatikan agar strategi yang kita pilih dapat lebih efektif, efisien, dan kalau dapat menyenangkan, cara-caranya adalah :




    • Sesuaikan strategi yang dipilih dengan bahan yang akan diajarkan dan sesuaikan dengan tujuan yang akan dicapai.
    • Kuasai strategi yang dipilih agar kita siap dalam pelaksanaannya.
    • Persiapkan media atau alat peraga yang ditampilkan dalam strategi.
    • Jangan terlalu terikat dengan langkah-langkah yang ada dalam strategi yang dipilih.
    • Berikan anak didik motivasi agar mereka bersemangat dalam menjalankan strategi yang kita gunakan.
    • Perlihatkan semangat kita sebagai guru untuk menambah semangat anak didik dalam mengikuti pelajaran.

C.Strategi Menulis.

Ada beberapa pilihan strategi yang dapat digunakan dalam pembelajaran menulis, antara lain :


  1. Strategi mendongeng tanpa alat peraga.

Langkah-langkahnya, yaitu :




    • Guru harus memahami secara sungguh-sungguh dongeng yang akan didongengkan.
    • Guru mengawali dongeng dengan bernyanyi sesuai dengan dongeng yang akan didongengkan.
    • Guru mendongeng dengan ekspresi wajah yang sesuai dengan tokoh yang didongengkan.
    • Arahkan siswa agar mendengarkan dongeng dengan sungguh-sungguh.
    • Guru bertanya jawab dengan siswa mengenai isi dongeng, misalnya :

Tokoh dalam cerita.

Watak tokoh dalam cerita.

Nasehat yang ingin disampaikan penulis dan lain-lain.




    • Guru meminta siswa bergantian becerita ke depan kelas.
    • Guru meminta siswa menyalin kembali dongeng dengan menggunakan kata-kata sendiri.


  1. Strategi mendongeng dengan alat peraga gambar.

Langkah-langkahnya, yaitu :




    • Guru mempersiapkan gambar-gambar yang sesuai dengan dongeng yang akan didongengkan.
    • Guru mendongeng dengan menunjukkan gambar satu-persatu lalu ditempelkan di papan tulis sesuai dengan alur cerita.
    • Siswa menyimak dongeng yang didongengkan guru.
    • Guru bertanya jawab dengan siswa mengenai isi dongeng.
    • Siswa diminta menceritakan kembali dongeng dengan kata-katanya sendiri, tentunya disesuaikan juga dengan gambar yang tersedia.
    • Siswa diminta menyalin dongeng dengan tulisan yang rapi dan menggunakan huruf tegak bersambung.


  1. Strategi mendongeng dengan alat peraga boneka.


Langkah-langkahnya, yaitu :




    • Guru menyiapkan boneka yang sesuai dengan dongeng, boneka akan lebih menarik jika digerakkan.
    • Jika perlu dongeng dimulai dengan bernyanyi bersama sesuai dengan isi dongeng.
    • Guru mendongeng dengan siswa sesuai dengan isi dongeng.
    • Siswa diminta menceritakan kesimpulan cerita (dongeng) bergantian ke depan kelas dan usahakan menggunakan boneka.
    • Siswa membuat ringkasan dongeng dalam buku latihan sesuai dengan alur, waktu, latar, watak, tokoh dan sebagainya.
Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline