Lihat ke Halaman Asli

Demonstrasi Kontekstual Modul 3.2 Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya

Diperbarui: 23 September 2021   22:42

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

3.2.a.7. Demonstrasi Kontekstual - Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya 

A. Pemetaan Tujuh Kelompok Aset  Sumber Daya di SMP Negeri 2 Talaga
B. Refleksi

Modul 3.2. pemimpin dalam sumber daya menyadarkan diri akan jadi diri kita sebagai salah satu asset yang ada di sekolah. Selama ini, kita hanya menggali asset apa yang ada di lingkungan sekitar kita yang bisa kita gunakan untuk mengembangkan dan memajukan sekolah kita. Padahal kita sendiri adalah asset yang bisa dimaksimalkan untuk meningkatkan kualitas sekolah kita. 

Secara factual kita hanya melihat segala sesuatu yang terjadi dan ada di sekitar kita dari sisi kekurangan dan masalahnya saja, tanpa melihat bahwa dari setiap kekurangkan pasti ada kelebihan yang bisa kita manfaatkan. 

Dan dari setiap masalah selalu ada potensi yang bisa kita gunakan untuk merendam segala masalah yang ada. Sudah seyogyanya kita sebagai guru yang juga sebagai pemimpin bisa memberdayakan diri kita sendiri dan mengoptimalkan kekuatan/asset yang kita miliki untuk membangun dan menciptakan segala sesuatu yang positif.

Proses pengoptimalisasian dan pemberdayaan segala potensi/asett/modal yang kita miliki untuk membangun kondisi yang lebih ideal sering disebu dengan Pendekatan Pengembangan Komunitas Berbasis Aset (PKBA). Pendekatan ini menjadikan individu, komunitas dan social sebagai bagian dari agen perubahan itu sendiri.

Suatu program dikembangkan dengan memfokuskan asset utama apa saja yang ada dan dimiliki suatu komunitas. PKBA sangat cocok diterapkan di sekolah karena Pendekatan ini lebih sederhana dan simple. 

Pendekatan ini lebih memfokuskan terhadap asset apa yang dapat diberdayakan tidak lagi melihat dan focus terhadap masalah apa yang ada dan telah terjadi. 

Setiap tantangan dan rintangan yang menghadang selalu dihadapi dengan kekuatan dan potensi yang dimiliki masing-masing komunitas/individu/sekolah. sehingga solusi yang didapat akan berlaku secara terus menerus dan berkelanjutan. Sekolah sebagai satu komunitas seyogyanya dapat menerapkan pendekatan ini dalam mencapai tujuan dan cita-cita yang sama.

Dalam menerapkan Pendekatan Pengembangan Komunitas Berbasis Aset (PKBA) ada beberapa asset yang sering dioptimalkan diantaranya: modal manusia, modal sosial, modal fisik, modal lingkungan/alam, modal finansial, modal politik, dan modal agama dan budaya. Setelah melakukan pengidentifikasiaan berikut adalah asset-aset yang dimiliki SMPN Negeri 2 Talaga.

1. Modal manusia

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline