Lihat ke Halaman Asli

yuda darmawan

Enterprise Resource Planning (ERP)

Implementasi Software ERP

Diperbarui: 23 September 2020   09:48

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bisnis. Sumber ilustrasi: PEXELS/Nappy

Kesuksesan sistem ERP adalah pemanfaatan sistem untuk memperbesar tujuan-tujuan perusahaan. Kesuksesan ERP merupakan bagaimana cara untuk mengadopsi sebuah sistem ERP untuk menambah keefektifan dalam system di perusahaan. Implementasi ERP juga dapat memberikan banyak keuntungan dalam menjalankan system di suatu perusahaan.

Sebelum memulai implementasi ERP ada beberapa kriteria yang harus kita kedepankan :

  • Pemilihan Program ERP

Meskipun semakin banyak perusahaan yang memilih software ERP untuk bisnis. namun memilih sistem yang sesuai bukanlah proses yang mudah. Ada beberapa kriteria seperti memilih berdasarkan fungsional, memilih berdasarkan proses bisnis juga perusahaan perlu mempertimbangkan dari segi anggaran yang membantu perusahaan dalam memilih perangkat lunak ini dengan lebih mudah. Setidaknya tiga hal ini yang perlu diperhatikan saat memilih software ERP.

  • Antisipasi Perubahan

Anda perlu menanyakan kepada department/tenaga kerja perusahaan, apakah mereka bersedia untuk beradaptasi dengan adanya program ERP ketika sudah diimplementasikan. Jika mereka bersedia, maka anda bisa membantu mereka dalam memahami lebih dalam tentang proses kerja program ERP.

Karena banyak juga beberapa karyawan yang ogah-ogahan dalam implementasi ERP apakah karena takut tranparasi atau takut karena disiplin tinggi. Karena ERP diklaim bisa meningkatkan transparasi data dalam sebuah perusahaan juga dapat meningkatkan tertib secara administrasi.

  • Perubahan proses bisnis dan kultur kerja.

Perkirakan kegiatan mana saja yang akan dipengaruhi oleh program ERP sehingga hal ini akan memperlancar proses implementasinya.

Anda perlu mendiskusikan dengan setiap bagian perusahaan anda mengenai implementasi ERP agar mereka mau bekerja sama sehingga proses implementasinya dapat berjalan dengan lancar.

Software ERP memang sebuah solusi tepat untuk bisnis anda menjadi lebih mudah dan modern. Semua laporan dapat anda pantau secara real time dan akurat.

 ERP Indonesia, ERP Jawa Barat, ERP Bandung

Software ERP

Aplikasi Manufaktur, Software Manufacture

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline