Lihat ke Halaman Asli

Aksi Cepat Tanggap

Organisasi Kemanusiaan

5 Fakta Akibat Banjir Jabodetabek, Foto Terakhir Bikin Hati Terenyuh!

Diperbarui: 28 Februari 2020   18:14

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok. ACT

Guyuran air hujan yang tak henti-henti mengakibatkan beberapa wilayah terendam banjir. Genangan airnya menggenang di beberapa titik Jabodetabek. Salah satu wilayah yang terdampak paling parah adalah di Lebak, Banten. Ketinggian air mencapai 2 meter serta longsor mampu merendam rumah hingga menghancurkan fasilitas umum. Hingga kini, belasan ribu warga pun masih terlunta-lunta di tenda pengungsian. Banyak potret kesedihan dan penderitaan masih tersisa di sana. Berikut ini foto kondisi terbaru yang bikin hati terenyuh:

1.         Kondisi Jalan Menuju Kampung Sulit Diakses, bahkan Terputus!

Hampir dua bulan berlalu, tetapi di Kampung Cilueksa belum berangsur membaik. Akses jalan bekas longsor masih sulit dilewati. Jalan menuju kampung masih tertutup lumpur yang menumpuk setebal mata kaki. Kaki seolah lengket dan berat ketika diangkat dari lumpur. Apalagi ketika menggunakan kendaraan. Seringkali mobil yang mengalami slip ban sampai motor yang jatuh.

2.         Belasan Ribu Warga Masih Mengungsi di Tenda Darurat

Dok. ACT

Hingga saat ini, jumlah pengungsi di Lebak mencapai sebanyak 17.556 pengungsi. Mereka masih dalam kondisi yang serba kekurangan di posko pengungsian yang hanya dilapisi terpal.

3.         Rumah Warga Yang Terdampak Dinyatakan sebagai Zona Merah

Dok. ACT

Berdasarkan data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), rumah mereka masuk ke dalam zona merah alias berbahaya untuk ditinggali yang berarti berbahaya bagi pemukiman dan pertanian. Sampai saat ini mereka juga masih belum berani untuk kerumah mereka masing-masing karena takut terjadi longsor susulan.

4.         Warga Terdampak Mengalami Krisis Pangan dan Air Bersih

Dok. ACT

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline