Lihat ke Halaman Asli

"KITA": Dari BULOG untuk Kita

Diperbarui: 2 Juni 2018   23:24

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bisnis. Sumber ilustrasi: PEXELS/Nappy

Seberapa akrab masyarakat Indonesia dengan produk BULOG? Selama ini masyarakat lebih mengenal BULOG sebagai penyalur beras sejahtera yang menjadi hal warga yang dianggap kurang mampu. Produk pangan yang disalurkan oleh BULOG pun selama ini identik dengan keluarga pra sejahtera. Namun, BULOG tidak terkotak pada satu golongan masyarakat saja. BULOG harusnya menjadi milik kita bersama.

Peluncuran produk pangan dengan brand 'Kita' menjadi langkah BULOG untuk menghapus stigma yang selama ini berkembang. BULOG tak melulu mengurus penyaluran beras sejahtera karena sekarang tugas ini sudah diambil alih oleh program Bantuan Penyaluran Non-Tunai (BPNT). Brand 'Kita' menjadi jembatan untuk membuka akses masyarakat pada produk pangan berkualitas dengan harga yang relatif terjangkau.

Upaya Penstabilan Harga Pangan

Perum BULOG mempunyai peran penting untuk menjaga stabilitas harga. Pemerintah sangat bergantung pada BULOG untuk menjalankan program efektif dalam rangka menstabilkan harga di pasaran. Salah satu cara yang dianggap jitu adalah dengan menstabilkan harga di tingkat konsumen dengan cara meluncurkan brand 'Kita' dan Rumah Pangan Kita (RPK). Produk-produk pangan komersil BULOG akan langsung disalurkan pada konsumen melalui RPK sehingga harga yang ditawarkan pun menjadi relatif murah.

Tak Perlu Menunggu Pasar Murah

Dalam rangka menjaga stabilitas harga, BULOG kerap mengadakan pasar murah yang menawarkan beragam produk pangan dengan harga yang lebih terjangkau dibandingkan harga pasar. Namun, apakah selamanya konsumen harus menunggu pengadaan pasar murah BULOG untuk mendapatkan produk pangan berkualitas dengan harga murah? Untungnya, RPK akan hadir lebih dekat ke masyarakat untuk menyuplai produk pangan dengan brand 'Kita'.

Jika biasanya di pasar murah Anda hanya bisa membeli produk murah dengan jumlah terbatas, tidak ada batasan bagi Anda untuk membeli produk 'Kita' di RPK. Target 50.000 RPK di seluruh Indonesia bisa dijadikan gambaran bahwa nantinya produk 'Kita' bisa diakses dengan mudah di lingkungan tempat tinggal kita.

Komoditas Pangan 'Kita'

Brand 'Kita' digunakan untuk komoditas pangan strategis, terutama beras ('Beras Kita'), minyak goreng ('Minyak Kita'), dan gula pasir ('Manis Kita'). Produk yang dijual dengan label 'Kita' mempunyai kualitas medium hingga premium. Selain produk tersebut, daging sapi dan daging kerbau juga bisa disalurkan melalui RPK yang sudah dilengkapi dengan pendingin seperti yang bisa ditemukan di beberapa RPK di Jakarta. Demi mengoptimalisasi upaya stabilisasi pangan, komoditas lain sepertu cabai dan jagung pun akan disalurkan melalui RPK di masa mendatang.

Harga produk pangan 'Kita' ditetapkan oleh BULOG. Dengan demikian, BULOG bisa menetapkan harga produk 'Kita' di bawah harga produk di pasaran. Berhubung fungsi produk 'Kita' dan RPK adalah untuk membantu BULOG menstabilkan harga pasar, mitra RPK tidak boleh menaikkan harga di luar standar yang sudah ditetapkan BULOG satu peser pun.

Keuntungan Menjadi Sahabat RPK

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline