Manajemen berbasis sekolah adalah suatu model pengelolaan sekolah yang melibatkan semua pihak yang ada di lingkungan sekolah. Manajemen berbasis sekolah dilakukan dalam rangka pemberian otonomi penuh kepada sekolah untuk lebih akfif dan kreatif dalam mengembangkan inovasi dalam berbagai program untuk meningkatkan mutu Pendidikan sesuai dengan kebutuhan sekolah yang tidak terlepas dari kerangka tujuan nasional yang telah ditetapkan.
Otonomi sekolah merupakan aspek yang penting dalam pengelolaan sekolah sehingga sekolah memliki kewenangan yang lebih luwes dan fleksibel dalam merancang sekolah yang mandiri disertai dengan tanggung jawab yang besar dalam mengelola sekolah secara mandiri
Efektifitas manajemen berbasis sekolah dilakukan sebagai sebuah proses pengukuran kapasitas Lembaga Pendidikan dalam meningkatkan kualitas pengelolaaan yang ada melalui penilaian tugas yang telah dikerjakan dan proses penyesuaian kualitas yang melibatkan semua komponen.
Efektifitas manajemen berbasis sekolah dapat diukur melalui penyelesaian tugas yang dilakukan secara tepat dengan tidak menghilangkan kaidah yang ada.
Ahli menjabarkan bahwa efektifitas menjadi isu yang sangat vital yang berkaitan dengan proses pelaksanaaan kinerja yan ada di sebuah institusi/ Lembaga.
Djaman satori menjelaskan bahwa efektivitas berkaitan dengan reaksi kemampuan sekolah dalam melakukan proses produksi serta beradaptasi terhadap perubahan.
Sekolah dituntut mempunyai keputusan yang mampu dirumuskan secara bijak dan terarah. Djaman satori menjelaskan bahwa sekolah yang efektif yaitu sebuah pengelolaan manajemen yang mampu mendayagunakan sumber daya yang ada melalui Tindakan manajemen secara rasional dan sistemik dalam usaha menggapai tujuan organisasi sekolah yang telah ditetapkan.[1]
Mengukur efektifitas manajemen berbasis sekolah menjadi salah satu aspek yang sangat penting dalam melakukan perubahan paradigma pengelolaan sekolah. Efektifitas sekolah memliki beberapa konteks indikator yang mempengaruhi jalannya pengelolaan sekolah yaitu :
Tujuan sekolah yang jelas
Kepemimpinan kepala sekolah yang kuat
Ekspetasi guru yang tinggi