Lihat ke Halaman Asli

W. Bintang

Variety Writer

35 Tahun Sejak Bencana, Chernobyl Menjadi Simbol Peringatan dan Inspirasi

Diperbarui: 26 April 2021   12:13

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Monumen di sekitar pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN) Chernobyl yang menjadi pengingat dan juga inspirasi (Amort1939/Pixabay)

Zona Ekslusi Chernobyl yang luas dan kosong di sekitar lokasi kecelakaan nuklir terparah di dunia adalah monumen mengerikan bagi kesalahan manusia.

Namun 35 tahun setelah reaktor pembangkit listrik tersebut meledak, orang Ukraina juga melihatnya sebagai inspirasi, penghiburan dan pendapatan.

Reaktor No. 4 di pembangkit listrik 110 kilometer (65 mil) di utara ibu kota Kyiv meledak dan terbakar pada malam hari tanggal 26 April 1986, menghancurkan bangunan dan memuntahkan bahan radioaktif akut ke langit.

Otoritas Soviet memperburuk bencana dengan tidak memberi tahu publik apa yang telah terjadi - meskipun kota tempat pekerja PLTN tinggal, Pripyat, dievakuasi keesokan harinya, 2 juta penduduk Kyiv tidak diberi tahu meskipun ada bahaya atas radiasi nuklir.

Baca juga: "Kebohongan di Tengah Tragedi Mematikan dalam 'Chernobyl'" oleh Yonathan Christanto

Dunia baru mengetahui bencana tersebut setelah radiasi yang meningkat terdeteksi di Swedia.

Akhirnya, lebih dari 100.000 orang dievakuasi dari sekitarnya dan zona eksklusi seluas 2.600 kilometer persegi (1.000 mil persegi) ditetapkan di mana satu-satunya kegiatan di Chernobyl adalah pekerja membuang limbah dan merawat sarkofagus yang dibangun dengan tergesa-gesa menutupi reaktor.

Radiasi terus bocor dari gedung tempat reaktor berdiam hingga 2019, ketika seluruh gedung akhirnya ditutupi oleh selubung berbentuk lengkung yang sangat besar.

Saat robot di dalam gedung mulai membongkar reaktor, para pejabat merasakan optimisme baru tentang zona tersebut.

"Chernobyl adalah tempat tragedi dan kenangan, tetapi juga tempat di mana Anda dapat melihat bagaimana seseorang dapat mengatasi konsekuensi bencana global," kata Bohdan Borukhovskyi, wakil menteri lingkungan Ukraina.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline