Lihat ke Halaman Asli

Persiapan Mudik Lebaran 2023 Siapkah Anda?

Diperbarui: 5 April 2023   19:49

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Otomotif. Sumber ilustrasi: FREEPIK

Pada tahun 2023, pemerintah membuka kelonggaran untuk mudik dimana Covid 19 dianggap sudah mereda, sehingga untuk pulang kampung tidak diperlukan lagi test PCR. Oleh karena itu diperkirakan arus mudik Lebaran 2023 diprediksi akan macet. Diperkirakan ada 23 juta mobil dan 17 juta motor yang akan digunakan pemudik pulang ke kampung halaman. Wijaya Kusuma Subroto, Founder dan pemilik ORDTraining Pelatihan Mengemudi Antisipatif, mengatakan, karena itu sebelum mudik, ada baiknya membuat perencanaan yang baik agar tidak terjadi masalah atau hal yang tidak diinginkan disepanjang perjalanan.

Wijaya Kusuma -- Pemerhati keselamatan jalan raya dan Firman Aulia Direktur ORDtraining.com, berbagi tips tentang keselamatan jalan raya sebelum anda memutuskan Mudik. Kali ini pembahasan mengenai roda 4 atau lebih atau biasa di bilang Mobil.

Sebelum anda menentukan melakukan perjalanan mudik dengan kendaraan pribadi, maka perlu membuat perencanaan yang matang, diri anda, kendaraan anda dan rencana perjalanan anda.

Pertimbangkan mengenai kondisi kendaraan anda. Juga perlu anda hitung ke ekonomian apabila anda menggunakan kendaraan sendiri. Biaya tol yang meningkat, Ingat harga BBM utamanya Pertamax sudah naik tentunya biaya bahan bakar akan semakin meningkat.

Demikian pula biaya jalan tol yang semakin mahal.

Adapun tarif dari Jakarta (via tol Japek) ke Semarang (via GT kalikangkung) Rp 377.500, dari Jakarta (via tol Japek) ke Solo/Yogyakarta (via GT Colomadu) Rp 453.500, dan Jakarta (via tol Japek) ke Surabaya (via GT Warugunung) Rp 737.000.

Agar bisa lewat jalur tol, Anda harus menyiapkan uang elektronik (e-toll). Pastikan saldo Anda cukup sehingga perjalanan Anda lebih lancar.

  1. Hitung Pengeluaran anda

Sudah kah anda mengitung pengeluaran anda ? Kalau anda siap langkah selanjutnya anda mempersiapkan kendaraan anda. Siapkan surat surat, lakukan pemeliharaan rutin mulai dari pemeriksaan oli, radiator, minyak rem (kuras kalau sudah 40K Km lebih), pastikan kanvas rem masih baik, kembangan ban tebal, tekanan angin sesuai (check pedoman tekanan ban di pintu sebelah kanan anda disitu ada ukurannya), Kelistrikan kendaraan seperti klakson, Lampu besar dan kecil, Lampu sein dll. Mobil sudah siap ?

2. Periksa barang bawaan anda

Jangan membawa barang yang tidak perlu dan mengikatnya diatas mobil, taruh barang didalam mobil dan gunakan cargo net. kalau terpaksa ditaruh atas gunakan roof rack yang standar dan jangan lebih tinggi dari 2.2 meter. Niscaya mobil anda tidak akan bisa lewat portal.

3. Siapkan Uang Tunai dan Uang Elektronik.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline