Lihat ke Halaman Asli

Pemain Muda Papua, Sabar Ya...

Diperbarui: 15 Oktober 2017   03:07

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Indra Sjafri saat melatih (Liputan6 Bola)

Coach Indra Sjafri akhirnya buka suara terkait protes dari Elie Aiboy yang menanyakan mengapa tak ada pemain asal Papua di skuat Timnas U-19 saat ini. Memang tak biasa, tapi tentu ada alasan kuat yang mendasarinya. Belum lama ini, seperti dilansir dari laman bolalob.com, Indra Sjafrie tak pernah bermaksud menganaktirikan pemain dari daerah ujung timur Indonesia itu, tetapi belum menemukan yang pas.

"Pernah ada pemain dari Papua bernama Jefri Bisai, tapi secara kualitas masih di bawah pemain lain)," ujar Indra Sjafri dilansir dari laman www.bolalob.com

Jawaban yang bisa dipahami, karena atmosfer persaingan untuk masuk ke Timnas Garuda Nusantara memang sangat ketat. Pemain yang sudah masuk tim dan bertanding di kejuaraan seperti Piala AFF U-18 di Myanmar pun, tak berarti posisi pemain itu aman. Jika tak menjaga performa puncak, maka dengan mudah akan tergusur dari tim.

Selain itu, agar bisa bergabung dengan Rachmat Irianto, dkk bukanlah perkara mudah. Selain kompetisi internal sesama pemain, juga diperlukan lebih dari skill yang bagus dalam bermain sepak bola. Ada kecerdasan dan visi bermain, kekuatan fisik, kemampuan kerja sama tim, dan masih banyak faktor lain yang jadi pertimbangan tim pelatih sebelum menentukan para pemain pilihan untuk seleksi tim nasional U-19.

Untunglah Indra Sjafri berjanji untuk tetap memantau para pemain muda dari Papua. Selepas kualifikasi Piala Asia U-19, Indra Sjafri akan lakukan pemantauan langsung ke Papua, termasuk memantau bakat-bakat muda dari Persipura U-19. Kita berharap kelak Coach Indra bisa mendapatkan pemain yang dinilai layak memperkuat tim nasional.

Yuk, bantu Coach Indra dengan mengusulkan nama pemain muda yang menurut Anda pantas ikut seleksi Timnas Garuda Nusantara U-19. Suarakan saja pendapat Anda, mungkin salah satu dari tim pelatih ada tim pelatih yang membaca usulan Anda, lalu mengetes pemain yang dimaksud.

Siapa tahu ada pemain sekelas Egy Maulana, Witan Suliman,  atau Hanis Saghara tapi masih tersembunyi di sana. Boleh juga Anda usulkan pemain-pemain muda dari daerah lain, yang dianggap belum "mewakili" skuat timnas muda kita saat ini atau masih luput dari pengamatan tim pelatih. Siapa tahu juga, tambahan pemain baru bisa membuat Timnas U-19 tambah kuat.

Osvaldo Haay saat berseragam timnas

Buat para pemain muda asal Papua yang belum masuk skuat Garuda Nusantara, kalian yang sabar ya. Kalau Kakak Boas dan Osvaldo Haay bisa, kalian pasti juga bisa. Begitu juga dengan kalian yang berasal dari daerah lain, yang belum "terwakili" di tim nasional.

Teruslah berjuang dan berusaha. Buktikan kalian pantas masuk tim nasional dan berkesempatan mengharumkan nama bangsa di kancah internasional. Kami menantikan kalian bisa hadir mewarnai "Ke-Indonesian" timnas bal-balan kebanggaan kita semua.

By the way ... ada usulan nama-nama pemain dari Kompasianer? Silakan bersuara!


Salam olahraga.

Sumber: bolalob.com




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline