Lihat ke Halaman Asli

wewin widiansyahrani

menulis adalah caraku mengekspresikan berbagai perasaan

Panduan Google Classroom untuk Guru

Diperbarui: 20 Juli 2021   14:43

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

A. Google Classroom

Google Kelas adalah layanan web gratis, yang dikembangkan oleh Google untuk sekolah, yang bertujuan untuk menyederhanakan membuat, mendistribusikan, dan menilai tugas tanpa harus bertatap muka. Tujuan utama Google Classroom adalah untuk merampingkan proses berbagi file antara guru dan siswa.

B. Tutorial Google Classroom

  1. Buka browser kemudian ketik google classroom pada komputer desktop bapak/ibu maka mesin pencari akan mengarahkan pada site google classroom Kemudian klik buka classroom.

    dokpri

  2. Kemudian akan muncul halaman login google classroom. Masukan alamat email contoh, wewinwidiansahrani20@gmail.com kemudian klik berikutnya masukan password  email bapak/ibu.

    dokpri

  3. Kemudian akan muncul jendela seperti digambar, klik pada kolom persetujuan dan klik lanjutkan. 

    dokpri

  4. Tampilan awal, klik icon (+) pada pojok kanan atas kemudian akan muncul tab seperti pada gambar, bapak/ibu klik buat kelas.

    dokpri

  5. Setelah itu, akan muncul jendela seperti disamping, bapak/ibu sesuaikan dengan kelas yang akan dibuat. Contohnya, pada bagian nama kelas saya mencatumkan kelas VI dan mata pelajarannya, sedangkan pada kolom bagian saya mencantumkan jam mata pelajaran tersebut untuk kolom selanjutnya boleh sesuai intruksi.

    dokpri

  6. Tampilan awal Google Classroom

    dokpri

  7. Membuat pengumaman, pada tampilan awal google classroom terdapat fitur untuk membuat pegumuman. Fitur ini digunakan untuk memberikan informasi kepada siswa.  Contohnya seperti gambar disamping, bapak/ibu dapat menambahkan lampiran berupa materi, gambar,  video ataupun link yang berkaitan dengan pembelajaran.

    dokpri

  8. Membuat tugas, fitur ini digunakan untuk membuat tugas bagi siswa. Guru dapat membuat tugas, tugas kuis, pertanyaan dan  materi.

    dokpri

  9. Fitur tugas, pada fitur ini digunakan untuk membuat tugas bagi siswa,  guru dapat mengatur waktu pengumpulan kepada siswa dalam mengupload tugas.

    Dokpri


  10. Fitur tugas kuis, pada fitur tugas kuis ini akan langsung terintegrasi dengan google form. Guru juga dapat mengatur waktu pengumpulan kepada siswa dalam mengupload tugas.

    dokpri


Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline