Lihat ke Halaman Asli

Pelaksanaan Evaluasi Pembelajaran untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa

Diperbarui: 22 Oktober 2023   23:12

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Kegiatan evaluasi sebuah proses yang meneliti sesuatu secara serius suatu aktivitas, atau program, agar dapat mengukur sejauh mana tingkat keberhasilan program yang kita jalankan. Hal ini bertujuan untuk pengumpulan data atau informasi tentang kegiatan dan hasil program tersebut. Tujuannya yaitu untuk meneliti sebuah penilaian tentang suatu program, meningkatkan efektivitasnya, dan dan untuk pertimbangan keputusan. 

Menurut Willian N. Dunn menyampaikan dalam bukunya istilah evaluasi memiliki arti perhitungan atau penilaian dengan kata lain menyatakan bahwa evaluasi merupakan usaha untuk menganalisis  hasil kebajikan. 

Pembelajaran merupakan suatu proses bantuan yang di berikan oleh pendidik kepada peserta didik agar mendapatkan perolehan ilmu dan pengetahuan, penguasaan kemahiran dan budi pekerti,  serta pembentukkan sikap dan kepercayaan pada peserta didik. Dengan istilah lain, pembelajaran merupakan proses untuk membantu peserta didik agar dapat belajar dengan baik. 

Motivasi belajar adalah serangkaian daya inisiator yang berasal dari dalam diri sendiri maupun dari luar untuk memenuhi kegiatan belajar sehingga menjadikan agar menjadikan perubahan sehingga apa yang di tuju tercapai. 

Salah satu contoh dari motivasi belajar yaitu dorongan dari diri siswa untuk mencapai tujuan belajar, misalnya pemahaman materi belajar. Dengan adanya motivasi, siswa akan senantiasa semangat untuk terus belajar tanpa ada paksaan dari pihak manapun. 

Dapat kita simpulkan bahwa pelaksanaan evaluasi pembelajaran itu berperan penting dalam upaya meningkatkan motivasi siswa-siswi agar mereka dapat belajar dengan semangat tanpa ada paksaan dari manapun. 

Dalam kegiatan evaluasi ini kita dapat mengetahui informasi informasi proses pembelajaran yang membuat menurunnya motivasi belajar, sehingga dengan adanya data mengenai penurunan motivasi belajar kita dapat memperbaiki atau melakukan evaluasi apa saja kekurangan dan kelemahan dalam pembelajaran tersebut sehingga nanti dapat meningkatkan pembelajaran tersebut menjadi lebih baik lagi dan menjadi lebih efektif lagi kedepannya. Oleh karena itu, pendidik harus senantiasa terjun dan melihat situasi dan kondisi apa saja yang menjadi kekurangan dalam pembelajaran tersebut agar senantiasa dapat meningkatkan setiap segala kekurangan nya. 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline