Lihat ke Halaman Asli

Manfaat Kincung bagi Pasien Penyakit Kanker

Diperbarui: 1 Oktober 2021   12:57

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Manfaat Kincung Bagi Pasien Penyakit Kanker_Dokumen Warkasa1919

Etlingera elatior yang memiliki nama lokal Kincung atau Kecombrang ini adalah jenis tumbuhan rempah-rempah yang banyak ditemukan di berbagai daerah di Indonesia, khususnya di daerah Jawa dan Sumatera.

Biasanya Ketika bagian bunga dari tanaman ini belum mekar (masih kuncup) sering digunakan sebagai bahan tambahan bumbu untuk mengolah makanan.

Ternyata jenis tanaman yang memiliki rasa "sangir" (Saya tidak tau apa bahasa Indonesia yang tepat untuk mengungkapkan rasa sedikit getir di lidah ini, serta memiliki aroma dan rasa yang khas pada masakan), penasaran dengan jenis tanaman yang satu ini karena baru saja melihat bunga kincung yang sedang mekar, saya mencoba googling di internet, dan dari situs hellosehat.com ini saya baru mengetahui ternyata selain enak untuk di jadikan bahan tambahan bumbu masakan ternyata tanaman ini juga memiliki beberapa manfaat.

Kandungan nutrisi yang terdalam di dalam Kincung

Kandungan nutrisi yang terdapat di dalam tanaman yang dalam bahasa Inggris nya di kenal dengan istilah torch ginger ini di ketahui memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan.

Selain sering di sebut dengan istilah torch ginger (karena memiliki bentuk kuncup bunganya yang berwarna merah menyerupai obor), sebagian daerah lainnya juga mengenal tanaman ini dengan nama red ginger lily.

Di beberapa wilayah Indonesia, selain nama Kecombrang atau Kincung, tanaman ini juga sering di sebut dengan nama kantan, honje, asam cekala, atau sambuang.

Selain memiliki banyak nama dan dapat dijadikan sebagai bumbu penyedap masakan ternyata tanaman yang satu ini juga memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan.

Sebelum kita mengulas beberapa manfaat Kecombrang bagi Kesehatan, mari kita lihat kandungan nutrisi yang terkandung di dalam jenis tanaman ini. Seperti dilansir dari laman Data Komposisi Pangan Indonesia (DKPI), per 100 gram kecombrang segar ini ternyata mengandung nutrisi, seperti: Air: 90 gram,Kalori: 34 kkal,Protein: 0,9 gram, Lemak: 1,0 gram, Karbohidrat: 6,7 gram, Serat: 2,6 gram, Kalsium: 60 miligram, Fosfor: 16 milligram, Zat besi: 1,0 miligram, Kalium: 650,6 miligram, Retinol (Vit. A): 0,0 mikrogram, Beta karoten: 0,0 mikrogram, Karoten Total: 73 mikrogram, Thiamin (Vit. B1): 0,0 miligram, Riboflavin (Vit. B2): 0,02 miligram, Niacin (Vit. B3): 0,8 miligram, Vitamin C: 0,0 miligram.

 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline