Lihat ke Halaman Asli

Wara Shandy

Pejuang Tokoh Utama

Peran dan Dampak Digital Influencer dalam Digital Marketing

Diperbarui: 26 November 2022   11:45

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Bukan rahasia lagi bahwa media sosial telah mempengaruhi periklanan secara dramatis. Layanan streaming dan penggunaan perangkat seluler telah menginspirasi banyak perusahaan untuk memutar strategi marketing mereka untuk menjadi yang terdepan dalam lanskap yang berkembang. Bisnis B2B dapat memanfaatkan penyertaan influencer digital dalam strategi pemasaran mereka. Berikut adalah beberapa pengaruh pemasaran influencer terhadap pemasaran digital.


Perubahan Pengeluaran Pemasaran


Salah satu dampak paling signifikan dari influencer marketing dalam beberapa tahun terakhir adalah perubahan pengeluaran budget pemasaran untuk banyak perusahaan. Dana yang tadinya dialokasikan untuk iklan berbayar atau iklan cetak telah dialihkan untuk promosi digital. Pada tahun 2018, perusahaan B2B diperkirakan akan meningkatkan pengeluaran sosial mereka sebesar 89% untuk produk dan 58% untuk layanan pada tahun 2023. Studi kasus Nielsen Catalina Solutions tentang efektivitas pemasaran influencer B2B menunjukkan ROI 11 kali lebih tinggi daripada pengeluaran pemasaran tradisional.
Untuk bisnis B2B yang masih mempertimbangkan manfaat bekerja sama dengan influencer, angka-angka ini merupakan indikasi kuat betapa berharganya peluang ini.


Melepaskan Kontrol Kreatif


Bisnis secara natural mengikuti salah satu dari dua jalur saat mengembangkan strategi pemasaran digital: mereka akan mengelola proses kreatif sendiri atau menyewa agen eksternal dengan pemasaran influencer, kedua pendekatan tersebut masih dimainkan, tetapi dengan kontrol kreatif yang lebih sedikit atas produk jadi.
Hal yang membuat influencer digital begitu sukses adalah keaslian dan elemen merek pribadi mereka. Audiens mereka tidak ingin melihat sesuatu yang terlalu diproses atau ditulis. Daripada memiliki iklan yang dipoles yang mendorong manfaat dari satu penjadwal media sosial di atas yang lain, seorang influencer mungkin menulis posting blog penjadwal Instagram dan menyoroti poin-poin penting dalam video media sosial pendek sambil duduk di kantor sambil minum kopi.


Pelepasan kontrol kreatif ini pada dasarnya berarti bahwa elemen merek influencer akan mendominasi produk atau layanan yang dipamerkan. Menemukan influencer yang selaras dengan merek dan memiliki kesepakatan yang jelas dengan pedoman sangat penting untuk kesuksesan.


Penyelarasan Pemirsa


Alasan lain mengapa sangat penting untuk menemukan pemberi pengaruh yang tepat adalah kebutuhan penyelarasan pemirsa. Influencer digital tahu apa yang ingin dilihat audiens mereka dan bagaimana mereka terlibat dengan konten. Untuk merek, influencer bertindak sebagai penerjemah atau mediator, menjembatani kesenjangan antara perusahaan Anda dan target demografis Anda. Ketika seorang influencer membagikan konten, orang-orang merasa kurang seperti sedang diiklankan dan lebih merasa seperti menerima saran dari seorang teman.


Perusahaan B2B akan memiliki tantangan unik dalam menemukan influencer yang tepat untuk menciptakan keselarasan audiens. Penting untuk mencari pakar industri dan influencer yang secara realistis akan menggunakan produk atau layanan Anda dan memiliki pengikut juga.


Misalnya, bekerja sama dengan influencer yang berfokus pada konten B2C mungkin tidak ideal, meskipun mereka dapat memperoleh keuntungan pribadi dari penawaran Anda. Sebaliknya, seorang influencer yang mengajari pengusaha lain yang berpikiran sama bagaimana mengasah keahlian mereka bisa jadi cocok.


Percepatan Progres Sales Funnel

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline