Lihat ke Halaman Asli

Taruly OktavyaniPatricya

This is venustarrr

Negeri Wisata Sejuta Pesona

Diperbarui: 17 Maret 2021   19:36

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

sumut.antaranews.com

Sibolga.  Apa yang pertama kali terbayang ketika mendengar kata "Sibolga"? Kota kecil, daerah pesisir atau bahkan anda bertanya-tanya apa itu "Sibolga". Mungkin banyak yang tidak mengenal negeri wisata sejuta pesona ini. Di antara banyaknya tempat wisata di Sumatera Utara, Kota Sibolga merupakan salah satu tujuan wisata yang tersembunyi di Kabupaten Tapanuli Tengah. 

Kota Sibolga terletak pada garis 10 44 LU dan 980 47 BT, Sebelah Utara, Timur, Selatan dan Barat berbatasan dengan Kabupaten Tapanuli Tengah. Kota Sibolga mempunyai wilayah seluas 3.536 Ha yang terdiri dari 1.126,67 Ha daratan Sumatera, 23,32 Ha daratan kepulauan dan 2.171,01 Ha lautan.

Dari Kota Medan menuju Kota Sibolga dapat menempuh kurang lebih 12 jam perjalanan melalui jalur darat dengan biaya sekitar Rp 150.000,- dan kurang lebih 1 jam perjalanan melalui jalur udara dengan biaya sekitar Rp 500.000,-.

Sepanjang perjalanan menuju sibolga melalui jalur darat kita dapat menemukan berbagai obyek wisata salah satu yang terkenal adalah wisata batu lubang peninggalan kolonial belanda yang terletak di daerah hutan Tapanuli Tengah. Ketika melakukan perjalanan dari jalur udara, luasnya pantai pasir putih, kawasan hutan mangrove dan hijaunya hutan Tapanuli akan terlihat memanjakan mata. Saat tiba di sibolga semerbak aroma pantai dan hembusan angin yang sedikit kencang akan membawa kita pada sensasi nuansa pantai.

Banyak sekali yang dapat kita nikmati di kota wisata ini. Salah satunya Sibolga terkenal akan indahnya ekowisata yang mampu membuat siapapun jatuh hati padanya. Beberapa di antaranya, yaitu :

1. Hutan Mangrove di Pantai Pandaratan

Pantai Pandaratan merupakan pantai yang berada di Kecamatan Sarudik Kabupaten Tapanuli Tengah Provinsi Sumatera Utara. Pantai ini memiliki dua ekosistem di sekitarnya yaitu ekosistem mangrove dan ekosistem lamun dengan tiga tipe substrat yakni berpasir, berlumpur dan berbatu. Tipe sedimen yang terdapat pada Pantai Pandaratan ini yaitu dominan pasir. Jenis lamun yang tumbuh di lokasi ada 2, yaitu Enhalus acoroides dan Cymodocea rotundata. (Novia et al., 2021).

kolase -- sinarlintasnews.com

Selain kawasan hutan mangrove pantai pandaratan yang berada di Pondok Batu Kecamatan Sarudik ini juga merupakan "sarang" bintang laut. 

Tentu hal ini menjadi nilai tambah ekowisata Kota Sibolga. Namun untuk mencapai Pantai Pandaratan tidak semudah dan secepat membalikan telapak tangan. Lokasinya cukup terpecil dan jauh dari pusat kota sibolga.

2. Pulau Poncan

Pulau dengan tumbuhan pantai bak Raja Ampatnya Sumatera ini merupakan pulau yang begitu indah dan memiliki air pantai yang sangat jernih. Di Pulau ini terdapat sebuah penginapan yang langsung berhadapan dengan pantai. Lokasinya asri dan sejuk karena  dikelilingi oleh hutan yang hijau dan lebat. Ada satu keunikan lain saat Menuju Pulau ini anda akan menemukan sebuah pulau kecil berbentuk gajah yang unik dan cantik

allindonesiatourism.com

3. Pulau Mursala
Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline