Lihat ke Halaman Asli

Urip Widodo

Write and read every day

Takwa Itu tentang Kepantasan

Diperbarui: 6 Maret 2023   10:05

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

ilustrasi pakaian tidak pantas/sumber: gurusiana

Kurang dari sebulan lagi kaum Muslimin seluruh dunia akan melaksanakan ibadah puasa selama sebulan. Semua Muslim sudah memahami, selain akan mendapatkan pahala karena melaksanakan perintah Allah Swt itu, Allah Swt pun akan menjandikannya orang yang bertakwa.

Apa itu takwa?

Salah satu pengibaratan takwa di dalam al-Qur'an adalah pakaian. Ini ada di surat Al-A'raaf ayat 26.

"Hai anak Adam, sesungguhnya Kami telah menurunkan kepadamu pakaian untuk menutup auratmu dan pakaian indah untuk perhiasan. Dan pakaian takwa itulah yang paling baik. Yang demikian itu adalah sebagian dari tanda-tanda kekuasaan Allah, mudah-mudahan mereka selalu ingat."

Menurut Wikipedia, pertamakali pakaian yang digunakan terbuat dari kulit binatang dan kulit pepohonan, dengan tujuan sebagai perlindungan dari cuaca dingin, suhu panas dan hujan terutama saat manusia berimigrasi atau berpindah ke iklim yang baru.

Perkembangan teknologi telah menjadikan pakaian dikenakan manusia bukan hanya untuk melindungi tubuh, tetapi juga sebagai hiasan, untuk memperindah diri. Hal ini pun disebutkan di ayat di atas. Bahkan dunia mode menjadikan faktor estetika mengalahkan fungsi utama pakaian sebagai pelindung tubuh.

Dan khusus untuk kaum Muslimin, pakaiannya juga bertujuan untuk menutup aurat.

Jadi ada tiga fungsi pakaian; yaitu untuk perlindungan, untuk perhiasan dan untuk menutup aurat. Tentu bagi seorang Muslim prioritas utama adalah menutup aurat.

Namun, ada satu hal lagi yang harus diperhatikan saat kita berpakaian, selain ketiga fungsi di atas. Dan ini sangat penting, yaitu kepantasan.

Maksudnya?

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline