Lihat ke Halaman Asli

Ofi Sofyan Gumelar

TERVERIFIKASI

ASN | Warga Kota | Penikmat dan rangkai Kata

Inilah Aplikasi Teman #DiRumahSaja

Diperbarui: 10 April 2020   10:21

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Aplikasi di smaratphone yang saya gunakan saat Work From Home (Sumber: capture aplikasi/dokpri)

Pandemi Covid-19 yang melanda dunia saat ini membawa konsekuensi perubahan pola hidup masyarakat dunia, tak terkecuali di Indonesia.  

Kebijakan pemerintah yang mengharuskan orang #DiRumahSaja baik bagi pegawai kantoran maupun anak sekolahan, membuat semua orang harus harus beradaptasi. Ada yang hepi ada juga yang ngedumel.

Saya yang termasuk terkena Kebijakan work from home tentu saja harus mengantisipasinya. Bekerja di rumah artinya punya banyak waktu luang dibanding ketika bekerja di kantor. Punya banyak waktu buat leyeh-leyeh rebahan di rumah. Gak harus berangkat pagi, gak perlu mandi cepat-cepat. Hepi pokoknya mah!

Itu kesan awal ketika harus me-lockdown #DiRumahSaja.

Bekerja di rumah juga membuka fakta baru buat saya. Ternyata tugas kantor saya gak se-hectic ketika dikerjakan di kantor. Kalau di rumah rata-rata setengah hari juga sudah kelar. Sisanya saya punya banyak waktu luang untuk digunakan di luar urusan kerjaan. Masalahnya punya banyak waktu luang tanpa tahu mau ngapain juga bisa bikin bosen. Iya, setidaknya itu yang saya rasakan di hari-hari awal Work From Home.

Untungnya, sebagai anak milenial (cieehhh, ngaku-ngakuyang katanya melek teknologi, ada sejumlah aplikasi yang ternyata bermanfaat buat menemani aktifitas harian saya selama #DiRumahSaja. 

Aplikasi yang sebenarnya sudah ada sejak lama namun baru saya tengok belakangan ini karena kebutuhan biar gak mati gaya. Tentu aplikasi ini di luar aplikasi media sosial yang sudah biasa saya gunakan setiap hari, Whats app, Facebook, Twitter dan Instagram.

Saya membagi aplikasi yang baru saya gunakan ini menjadi tiga klaster, aplikasi untuk urusan pekerjaan, untuk senang-senang, dan untuk pengembangan diri. 

Oh ya, selama Work From Home ini saya punya kesempatan buat mengasah skill baru. Saya mengikuti anjuran para motivator yang bilang waktu luang di rumah memang baiknya digunakan buat meningkatkan kapasitas kita. ya sudah, saya ikuti deh.

Oke, ini dia deretan aplikasi yang saya gunakan buat menemani saya diam di rumah.

Zoom

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline