Lihat ke Halaman Asli

Mustyana Tya

Penulis, jurnalis dan linguis

Jelajah Dieng di Pagi Buta

Diperbarui: 21 Oktober 2017   03:23

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

Pukul 2 malam, tanpa dibangunin gw udah bangun siap menyambut golden sunrise di bukit sikunir. Sedari malam kita udah diingetin supaya jangan mandi di jam segini karena bisa pingsan gara-gara beku.

Benar aja karena saat itu suhu sekitar 12 derajat. Dan suhu ini bukan suhu terdingin di Dieng karena di pertengahan tahun biasanya suhu bisa sampe minus dan buat tanaman jadi es. Ngerih!

Gw pake baju udah lapis tiga, celana lapis dua. Dan itu masih menggigil, jadi gerak terus biar badan terasa hangat. Juga buat ngebiasain diri sama suhu yang gak biasa ini.

Kita kembali naek mobil mini bus atau angkel untuk ke bukit Sikunir. Kondisi gelap gulita dan kita gak memerlukan waktu lama buat mulai mendaki bukit sikunir. Cuma 30 menit mobil udah mulai masuk jalan sempit dan kita dikumpulin di tempat naik bukit Sikunir. Sebelum naik berdoa dulu biar lancar, sekaligus ingetin diri supaya jangan sombong karena takut kejadian gak gak.

Untuk naik ke spot sunrise perlu waktu 30 menit lagi. Banyak yang mulai bawa kayu panjang untuk bantu berpijak. Kalau gue cuma bawa kantong plastik yang isinya minuman dan makanan kecil. Dan gue lepas sepatu biar gak kepeleset, maklum bukan sepatu gunung. Treknya sik gak terlalu sulit cuma licin karena semalam hujan jadi musti hati-hati. Gelap juga jadi senter harus dibawa juga tapi usahain bawa yang jangan terlalu terang karena bisa ganggu orang.

Kita udah jalan mulai dari jam stgh 3 pagi tapi di atas udah rame aja, orang-orang nge-take tempat. Dan kita pun bingung di mana tempat sunrise yang paling enak dilihat. Wajib diperhatikan juga di sini gak ada pembatas apa-apa dan dengan jalanan licin begitu, bisa aja dengan mudahnya lu masuk ke jurang. huh!

Banyak orang berlomba-lomba paling ujung tebing untuk dapat momen sunrise yang sempurna. Tapi ini sebenarnya bahaya juga. Kita akhirnya milih ga terlalu berada di tepi biar selamat sejahtera.

Masih ada sekitar 1 jam untuk nunggu si matahari muncul. Jadi mending salat subuh dulu. Tenang, di sekitar gunung ada musala sederhana.

Tetep ada WC, air bersih tapi gelap wkwkwkwk.... ada penjaganya juga dan inget musti bayar.  Sembari nunggu azan Subuh gw ngobrol2 sama si penjaga WC. Gak terlalu fokus dengan topik yang diomongin karna nahan badan yang menggiggil terus. Yang pasti katanya bukit Sikunir ini terus-terusan rame gak pandang hari.

dokpri


Sejam dua jam menunggu dan akhirnya sang primadona muncul. Semua berebut mengabadikan momen foto2 dengan latar sunrise yang emang keren banget. Gw sempat kesusahan cari angle foto bagus karena isinya orang semua. Ga bisa banget sepi. Satu spot aja musti ngantre. Dan sebelnya kamera gue ga bagus banget. Ya emang gw cuma bawa kamera poket.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline