Lihat ke Halaman Asli

Salah Kaprah "Rizieq Shihab Effect" Menuju 2024

Diperbarui: 17 Desember 2020   22:03

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

sumber gambar pikiran rakyat.com

Tampaknya banyak tokoh politik salah kaprah. Semua berawal dari kekalahan Ahok dalam pilgub DKI Jakarta. Saat itu Ahok yang dalam berbagai hasil survei unggul atas Anies Baswedan dan Agus Harimurti Yudhoyono harus kalah dalam putaran kedua.

Penyebabnya karena suara Agus Harimurti Yudhoyono beralih kepada Anies Baswedan. Sebenarnya kalau pilgub DKI Jakarta satu putaran saja Ahok sudah menang, Hanya saja harus berjalan dua putaran karena perolehan suara Ahok tidak mencapai 50% lebih.

Memang saat itu Anies Baswedan didukung oleh Rizieq Shihab dan kelompoknya. saat itu akhirnya Anies Baswedan terpilih sebagai gubernur DKI Jakarta dan Ahok harus mendekam di penjara karena kasus penistaan agama.

Karena Kejadian ini banyak orang Salah kaprah dan salah menganalisa.

Kesalahan pertama adalah, banyak tokoh politik menganggap syarat untuk memenangkan pemilihan kepala daerah atau pemilihan kepala Presiden harus didukung Rizieq Shihab dan kelompoknya. Itu karena para tokoh politik ini mencoba mengecilkan Indonesia.

Para tokoh politik ini tidak melihat setiap daerah di Indonesia memiliki karakternya masing-masing. Maka untuk memenangkan sebuah pemilihan harus didukung Rizieq Shihab dan kelompoknya. Padahal sejatinya kemenangan Anies Baswedan pun dikarenakan perpindahan pendukung Agus Harimurti Yudhoyono kepada Anies.

Kesalahan kedua adalah terlalu percaya dirinya Anies Baswedan dan pendukungnya. Premisnya adalah bahwa dia yang menjadi gubernur DKI Jakarta akan menjadi presiden Indonesia selanjutnya. Ini adalah rumus yang dibakukan secara terburu-buru.

Kesalahan ketiga adalah, para tokoh politik ini tidak menangkap gambar besar dan melihat sejarah. Susilo Bambang Yudhoyono tidak terpilih menjadi presiden setelah menjadi gubernur DKI Jakarta.SBY malah memulai karir politiknya sebagai Menteri di era presiden Megawati Soekarnoputri.

Maka tiga kesalahan ini membuat para tokoh politik ini melakukan blunder yang merugikan perolehan suaranya sendiri. Terbukti tokoh potensial yang berpeluang memenangkan Pilpres tahun 2024 adalah Ganjar Pranowo yang menjadi gubernur Jawa Tengah dan bukan dari Jakarta.(berdasarkan hasil berbagai lembaga survei)

Sebelumnya ada tiga tokoh yang cukup populer Seperti Prabowo Subianto yang saat ini menjabat Menteri Pertahanan, Ridwan Kamil yang saat ini menjabat gubernur Jawa Barat, dan Anies Baswedan yang saat ini menjabat gubernur DKI Jakarta.

Kesalahan Prabowo yang membuat elektabilitasnya turun drastis adalah sikap yang abu-abu. Gerinda sebagai bagian dari pemerintahan tidak bisa tertibkan kader-kadernya. Contohnya saja Fadli Zon, dalam banyak kasus termasuk permasalahan hukum yang dialami Rizieq Shihab, Fadli Zon terus mengkritik pemerintah dan kepolisian.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline