Lihat ke Halaman Asli

TJIPTADINATA EFFENDI

TERVERIFIKASI

Kompasianer of the Year 2014

Berapa Kali Kita Harus Mengambil Keputusan dalam Sehari?

Diperbarui: 14 Maret 2021   18:56

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokumentasi pribadi/konsistensi dimulai dari langkah pertama

Hal yang Jarang Terpikirkan Oleh Kita

Saya sudah pernah mencoba bertanya kepada beberapa orang teman teman dari berbagai suku bangsa dengan pertanyaan yang sama, yakni: "Dalam sehari, berapa kali kita harus mengambil keputusan?"

Jawabannya? Rata-rata yang ditanya ketawa ngakak karena mengira saya lagi bercanda. Padahal, hal yang tampak sepele ini menentukan jalan hidup kita di masa depan.

Perlunya Disiplin Diri Sejak Dari Awal

Disiplin diri tidak dapat terbentuk secara tiba-tiba melainkan butuh latih diri, sehingga menjadi bagian dari hidup kita. Karena tanpa adanya disiplin diri yang mantap, maka terbentuklah kebiasaan jelek atau dikenal dengan istilah "Bad Habits" yang bila sudah terlanjur mendarah daging sangat sulit untuk dapat diperbaiki lagi. 

Bagi yang sudah terbiasa disiplin diri, maka mengambil sebuah keputusan tidak lagi menjadi masalah bagi dirinya. Ia tidak butuh waktu untuk berpikir-pikir karena sesungguhnya keputusan sudah ada dalam dirinya. 

Mari kita coba menghitung. Dalam sehari, berapa kali kita dihadapkan pada situasi yang mengharuskan kita mengambil sebuah keputusan?

Dari mulai bangun pagi. Alarm disetel jam 05.00 pagi. Tapi begitu alarm berbunyi untuk mengingatkan kita akan janji pada diri sendiri, ada saja alasan sehingga alarm di-off-kan dan kita melanjutkan tidur.

Begitu bangun, kita dihadapkan pada pilihan, yakni untuk berdoa sesaat sebagai ungkapan rasa syukur bahwa kita masih hidup atau terus bangun. Setelah itu lagi lagi kita dihadapkan pada pilihan, langsung mandi atau malah duduk bermalas-malasan sambil nonton tv?

Begitu selesai mandi, apakah kita memanfaatkan waktu yang ada sebelum berangkat kerja dengan melakukan komunikasi dengan anggota keluarga atau malahan sibuk sendiri dengan ponsel? 

Berangkat Kerja

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline