Lihat ke Halaman Asli

Tiara Putri Rahmawati

Universitas Pamulang

Rasa Insecure yang Sering Dialami oleh Generasi Z

Diperbarui: 6 Juli 2023   12:48

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Hellow Muderss

Gimana nih kabar kalian? sehat kan? Sehat dong pasti

Insecure, muders gak asing kan dengan kata "Insecure", pasti gak asing dong.

Nah jadi kali ini kita bakal bahas tentang "Rasa Insecure Yang Sering Dialami Oleh Generasi Z"

Insecure menjadi hal yang kerap didengar pada kalangan milenial dan Gen Z. Insecure merupakan hal yang normal terjadi disetiao individu, tetapi jika rasa insecure itu berlebihan ternyata berdampak tidak baik bagi Kesehatan Mental dan Kepribadian Anak muda tersebut.

Generasi Z atau Gen Z ialah generasi yang saat mulai pertumbuhan masa remaja ditakutkan rasa tidak aman. Kondisi finansial yang tidak stabil, teruncangnya mental health, kehancuran kepribadian, body shamming, tuntutan keluarga atau lingkungan, semakin cepatnya perkembangan zaman dan teknologi, serta meningkatnya popularitas media sosial telah berkontribusi pada ketidakamanan perasaan Gen Z. Sebelum membahas lebih lanjut muders, harus tau dulu nih apa itu Insecure. Yuk kita bahas!

Dari pandangan (Mu'awwanah, 2017) Insecure merupakan keadaan dimana ketika individu merasa takut karena dipicu oleh rasa tidak puas dan rasa tidak yakin mengenai kualitas diri sendiri. Rasa ini bisa terjadi ketika remaja merasa bersalah, malu, merasa kekurangan dalam hal yang sudah dicapai, atau tidak mampu mengendalikan sesuatu sesuai dengan keinginannya. Padahal masa remaja ini menjadi masa penting untuk pertumbuhan setiap individu. Dimasa reamja ini banyak perubahan yang pasti terjadi di remaja, seperti perubahan fisik, emosional dan lingkungan sosial.

Rasa insecure pada remaja ini biasanya timbul karena faktor lingkungan, internal maupun eksternal. Namun yang sering kita lihat atau rasakan sendiri, rasa insecure ini disebabkan dari faktor lingkungan dan faktor internal. Saat ini banyak Gen Z yang insecure karena menemui individu lain yang memiliki fisik yang lebih sempurna dari diri mereka dan mulai membandingkan fisik mereka dengan fisik orang yang lebih sempurna. Dari hal ini membuat Gen Z merasa malu untuk bertemu banyak orang.

Penyebab Rasa Insecure

Menurut Melanie Greenberg, Ph.D. Psikolog klinis asal Amerika Serikat penyebab insecure yaitu:

1.) Mengalami Kegagalan atau Penolakan Terhadap hal yang dilakukan

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline