Lihat ke Halaman Asli

T.H. Salengke

TERVERIFIKASI

Pecinta aksara

Gempa Dahsyat Guncang Turki dan Yunani

Diperbarui: 31 Oktober 2020   04:21

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

https://1.bp.blogspot.com/-YsHIpNb1v4A/X1I8NSZdCoI/AAAAAAAAFVg/7sryxCtl6CAci-PoE7s0PyyMoosen-xsgCLcBGAsYHQ/w1200-h630-p-k-no-nu/Gempa%2BBumi%2BBesar%2BTerjadi%2Bdi%2BTurki.jpeg

GEMPA dahsyat berkekuatan 7.0 magnitudo mengguncang Turki dan Yunani. Seperti dilansir beberapa situs berita online, lokasi gempa yakni di laut Aegean, sekitar 400 koilometer dari Angkara. Akibatnya paras laut pasang dan terjadi tsunami lokal menghantam wilayah pesisir Turki dan Yunani. Karena dahsyatnya, gempa juga dirasakan oleh penduduk Bulgaria dan Macedonia Utara.

Hingga saat ini, baik di Turki maupun di Yunani, sudah banyak korban jiwa. Yang pasti ratusan luka-luka akibat runtuhan bangunan. Otoritas Turki dan Yunani sedang giat melakukan upaya penyelamatan korban.

Mensikapi situasi darurat, KBRI Angkara segera menyediakan nomor hotline +90 532 135 22 98 yang dapat dihubungi oleh masyarakat Indonesia bila memerlukan bantuan dan informasi. Namun sejauh ini, tidak ada WNI  yang dilaporkan luka atau meninggal dunia.

Wilayah Turki yang terdampak parah, yakni kota Izmir, kota ketiga terbesar di Turki setelah Istanbul dan Ankara. Selain Izmir, kota lain yang terdampak gempa adalah Usak, Denizli, Manisa, Balikesir, Aydin dan Mugla.

Semoga warga Turki dan Yunani serta WNI di kedua negara itu baik-baik saja dan segera pulih. Aamiin.[]

KL: 31102020




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline