Lihat ke Halaman Asli

Taufiq Sentana

Pendidikan dan sosial budaya

Kreasi dan Sugesti

Diperbarui: 15 Oktober 2022   22:27

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri. Bytaqiya acehbarat

Kreasi dan Sugesti

===
Kreasi terwujud dari kesadaran akal. adapun sugesti bisa kita terima secara spontan, atau sugesti itu kita pilih dengan sengaja.

Wujud kreasi bisa berupa karya karya fisikis, seni, teknologi atau bahkan kebijakan dan keputusan tertentu.

Akal yang hidup dengan kesadarannya akan menjadi lahan subur kreativitas. namun, selain kreasi dan krearivitas, intuisi setingkat lebih tinggi. intuisi dapat ditangkap oleh impresi dan pengalaman pengalaman yang di luar kesadaran langsung seseorang.

Konon,  kita termasuk makhluk yang selalu tersugesti. banyak hal hal tak penting yang mensugesti kita hingga memengaruhi persepsi dan tingkah laku kita. apa yang kita pikirkan memberi sugesti, yang kita lihat dan dengar juga memberi sugesti.

Begitupun dengan keadaan lingkungan, ia mensugesti kita, lingkungan yang korup,  akan memudahkan kita untuk korup/melanggar batasan. dalam lingkungan seperti itu, mungkin yang muncul hanya egoisme dan dorongan insting bertahan hidup, kita tidak punya pertimbangan lain.

Bagaimana seseorang bisa hidup dengan kreasinya?

Pertama, ia mesti bergembira dan menerima kehidupannya dengan ketulusan, suatu penerimaan yang utuh. sehingga tak ada yang membebaninya dalam berkreasi. gambar gambar pengharapan dan wujud kreasi akan bergerak dinamis di mentalnya.

Kedua,  kreasi itu mengikuti kecenderungan dan kemampuan. sebagaimana inspirasi, kecenderungan seorang pemusik tak akan tertukar demgan si penyair. kecenderungan politikus tak akan sama dengan seorang penulis.

Ketiga,  ia mesti memperhatikan apa yang membuatnya tersugesti. sehingga seseorang bisa mengatur ritme kesadarannya.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline