Lihat ke Halaman Asli

taufiq candra

Saya adalah mahasiswa di salah satu universitas swasta di Jakarta.

Ayo, Tahu Apa Tidak Perbedaannya

Diperbarui: 14 Januari 2018   22:23

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

batikmaduranilam.wordpress.com

Saat ini, banyak sekali kata-kata yang terbilang sangat akrab dan takjarang terpancar jelas di buku-buku sekolah remaja-remaja pemuda bangsa. Contohnya kata denah, tabel, bagan, peta, grafik, slogan, poster, imbauan, dan iklan. Sepintas kata-kata tersebut memang sudah amat dekat dengan telinga kita bahkan mungkin anak sd saja sering mendengarnya apalagi para pembaca. 

Namun, jika penulis tanya satu-satu kira-kira ada yang tahu nggak yahapa maknanya. Lalu, sebenarnya tahu nggaksih apa perbedaannnya? Maka dari itu untuk memenuhi hajat para pembaca tentang makna kata tersebut penulis akan sedikit mengulas pengertian yang penulis peroleh mengenai makna dari kata tersebut eksklusif dari catatan Bahasa Indonesia sewaktu SMP. Oke, selamat membaca.

Denah adalah gambaran atau lukisan yang menunjukkan arah, tempat, sesuatu yang diikuti dengan hal-hal menonjol (populer) sehingga tidak menyesatkan orang-orang. Denah merupakan bentuk sederhana dari peta yang cakupan wilayahnya lebih sempit dari peta. Contohnya, denah sekolah, atau denah rumah, denah letak kota jalan, dan sebagainya.

denah-5a5b70b85e137322811ba952.png

Tabel adalah daftar berisi ikhtisar sejumlah data informasi yang biasanya berupa kata-kata dan bilangan yang tersusun secara bersistem yang dibatasi garis sehingga lebih mudah memahaminya. Tabel berfungsi untuk menyajikan informasi atau data yang dibahas dalam sebuah tulisan.

tabel-5a5b7119f13344763c10fef2.jpg

Baganadalah gambar denah, gambar rancangan, atau skema yang menunjukkan hubungan atau konsep yang lebih umum ke konsep yang lebih khusus atau struktur komposisis dari yang tertinggi (terbesar) menuju kepada yang terendah (terkecil).

bagan-5a5b7019ab12ae5915694492.jpg

Grafik adalah gambaran pasang surut suatu keadaan yang dilukiskan dengan garis atau data yang menunjukkan data-data dalam bentuk titik-titik untuk menunjukkan satuan jumlah, dalam suatu waktu tertentu, presentasi, lalu, titik-titik tersebut dihubungkan dengan garis.

grafik-5a5b7083f13344763f242d92.png

Peta  adalah representasi suatu daerah pada kertas atau plastik yang menunjukkan letak tanah, laut, selat, sungai, gunung, dan sebagainya. Peta ada beberapa jenis, yaitu peta angin, peta bagan, peta bahasa, peta buta, dan sebagainya.

peta-5a5b70b4cbe5234cb923a1a2.jpg

Slogan adalah perkataan atau kalimat pendek yang menarik atau mencolok dan mudah diingat untuk memberitahukan sesuatu.

slogan-5a5b7115cbe5234cbd045b82.jpg

Posteradalah plakat yang dipasang di tempat umum, berupa pengumuman atau iklan. Contohnya :
  • Hindarilah obat-obat terlarang yang dapat mengancam jiwa anda.
  • Mari kita sukseskan program wajib belajar 12 tahun.
  • Siswa yang berbudaya adalah siswa yang disiplin dan siswa yang santun.

poster-1-5a5b70d3cf01b41c215455b2.jpg

Imbauan adalah seruan atau ajakan untuk melakukan sesuatu. Contohnya :
  • Pakailah helm demi keselamatan jiwa anda.
  • Ingat, keluarga menanti di rumah.
  • Lebih baik terlambat asal selamat.

imbauan-5a5b70f5cbe5234cce2f1672.jpg

Baiklah teman-teman pembaca, semoga apa yang penulis sampaikan pada kesempatan kali ini dapat membuat teman-teman lebih memahami makna kata itu sendiri dan mulai mencintai Bahasa Indonesia. Jangan lupa, Bahasa Indonesia itu bukan sembarang bahasa. Bahasa ini adalah warisan para pahlawan kita. Ayo, semarakkan persatuan dan meriahkan kebersamaan menggunakan bahasa kebanggaan Bahasa Indonesia. Cintailah Indonesia Berbahasa Indonesialah setiap hari.

Sampai berjumpa lagi di tulisan berikutnya. Semoga mengedukasi.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline