Lihat ke Halaman Asli

Benteng Negara di Kota Istimewa

Diperbarui: 23 April 2019   07:46

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Arti Arjuna adalah cahaya putih yang lemah lembut | Museum Diorama

Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya, prasa tersebut kiranya menjadi selogan yang laris manis setiap hari pahlawan tiba atau menjelang hari kemerdekaan. Saya sangat setuju akan hal tersebut, besar disini tidak hanya dalam artian besar luas wilayahnya, besar pendapatan negaranya atau besar jumlah penduduknya. Melainkan besar jiwa bangsa, besar rasa hormat, dan rasa persatuannya.

Bukan bangsa Indonesia bila tidak dikenal warga dunia adalah bangsa yang memiliki ragam budaya yang tinggi, mulai dari agama, budaya, ras, suku, bahasa, dan sebagainya. Tidak hanya itu, kekayaan yang melimpah ruah pada bangsa ini adalah anugerah terbesar yang patut seluruh penduduknya mensyukuri kepada Sang Pencipta. Hal tersebut sebenarnya yang menjadikan bangsa Indonesia primadona bagi bangsa lain dari zaman dahulu kala.

Penghadapan kita pada saat ini adalah mengisi dan mempertahankan keindahan bangsa kita agar tetap ada serta memperjuangkan paradigma negara kita adalah negara yang layak untuk disegani bangsa lain. Bagaimana semua tugas tersebut dapat kita bawa dengan mudah setiap hari sebagai penghuninya ? Tentu saja tugas tersebut tidak kita jinjing sendiri, tidak kita kerjakan sendiri melainkan dikerjakan secara bersama dan bersama-sama saling mengerjakan.

Rasanya sudah tak begitu menjadi poin penting dalam pembahasan kali ini untuk menjawab dari sebuah pertanyaan bagaimana cara menjalankan tugasnya ? Muatan materi dari sekolah dasar, menegah pertama, menengah atas, hingga perguruan tinggi semua itu sudah terjawab. Menjaga lingkungan, saling menghagai sesama tetangga, toleransi umat beragama, menjalankan musyawarah, menjunjung persatuan dan sebagainya. Sudah sangat rinci kita diajarkan bagaimana untuk menerapkannya. Sehingga banyak penilaian dari professor kehidupan menanggap bahwa kita sebagai manusia Indonesia kini sudah cerdas.

Dari sanalah kita sebagai bangsa perlu untuk selalu diingatkan. Apakah untuk mengingatkan hal ini menjadi tugas presiden atau tugas para menteri ? tentu jika tugas ini hanya dibebankan kepada pemimpin akan menjadi tugas terberat bagi mereka. Untunglah dalam kalender Masehi Indonesia ada beberapa hari dalam setahun yang dikhususkan untuk mengingat sejarah bangsa. Bertepatan tulisan ini dibuat, tanggal pada kalender tercatat sebagai hari Kartini (Minggu, 21/04/2019).

Wokshop bareng Bang Aswi dan Kang Ofi | Guru-Guru Hebat

Melalui hari ini saya mengisi esensi dari sejarahnya hari ini yaitu menulis. Hingga pada akhirnya jauh sebelum hari ini tiba ada kesempatan baik yang saya dapatkan yaitu informasi kegiatan workshop menulis dan blog bersama Kompasiana dalam agenda litrasi disebuah Kabupaten di Jawa Barat. Tanpa banyak pertimbangan dengan penuh perjuangan saya rebut kesempatan berharga ini.

Kabupaten Purwakarta tempat dilaksanakannya pelatihan tersebut, tepatnya di pusat kota Istimewa dengan segala kebudayaannya, itulah yang saya rasakan pertama kali menjajakan diri di kota ini lebih dari lima tahun silam dan kembali tuk kesekian kalinya dengan rasa yang tetap sama. Hal yang menjadi lebih istimewa dalam kegiatan pelatihan menulis kali ini yaitu ketika dalam pelatihan peserta diperkenankan untuk berkeliling di sebuah museum bernama Museum Diorama Purwakarta.

Dari Museum Keliling Purwakarta naik sepeda ohh.. bahagianya

Sambil menyelam minum air dan susu, paket three in one. Belajar, liburan, dan wawasan. Sungguh istimewa dihari Kartini kali ini. Belajar menulis sekaligus menuliskan apa yang sudah dipelajari ditambah membawa pulang wawasan sejarah bangsa. Betapa tidak 30 menit waktu yang diberikan dalam kesempatan berkeliling museum saya tak sedikitpun memanfaatkannya dengan sia-sia. Tiap sudut seakan terpana dengan sajian informasi yang diberikan. Dari belasan museum yang pernah saya kunjungi rasanya museum ini berbeda, lebih interaktif dengan peraga yang ada. Lebih nyaman dengan dekorasi yang tertera, lebih informatif dengan gaya penyampaian yang luar biasa. Museum milenial dengan segala kecanggihannya.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline