Lihat ke Halaman Asli

Sutomo Paguci

TERVERIFIKASI

Advokat

Tutorial Cara Isi Ulang Gas Tabung Hi-Cook dll

Diperbarui: 4 April 2017   18:31

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Regulator alat isi ulang gas tabung. Foto: Tokooutdoor

Bagi kalangan pendaki gunung dan penggiat alam bebas kekinian, gas tabung sangat mutlak diperlukan. Ada banyak merek di pasar, seperti Hi-Cook, Win-Gas, Gas Wonder, dll. Harganya bervariasi antara Rp 18.000 s/d Rp 22.000.

Gas tabung tersebut fungsinya untuk bahan bakar kompor, yang juga kekinian. Bentuknya macam-macam, ada yang besar, kecil atau ultralight

Permasalahan selama ini, acap ditemui jika isi gas tabung habis biasanya tabung kaleng tersebut akan dibuang begitu saja. Hal biasa melihat salah satu jenis sampah gunung adalah kaleng gas tabung.

Beberapa kreator membuat alat modifikasi dari regulator ke tabung gas menjadi alat isi ulang gas tabung. Ada yang bermerek ada yang belum, banyak dijual di toko outdoor atau dijual secara online.

Dengan alat isi ulang, sampah gunung berupa kaleng gas bisa kembali dimanfaatkan untuk diisi ulang. Beberapa orang bahkan mengomersialkan (menjual kembali) gas tabung isi ulang tersebut. Di pasaran, harga gas tabung isi ulang cukup murah, dari Rp 4000 s/d Rp8000.

Saya pribadi tidak menyarankan menjual kembali (mengomersialkan) gas tabung isi ulang yang masih tertulis merek dagang pihak lain di tabungnya. Bisa-bisa dipidanakan yang punya merek, karena bentuk pelanggaran hukum.

Sekadar untuk konsumsi pribadi sih oke-oke saja. Jadi tak perlu beli gas tiap kali kaleng kosong. Cukup isi ulang. Hemat, efisien dan ramah lingkungan. Trik isi ulang gas tabung ini juga sangat berguna saat melakukan pendakian jarak jauh naik pesawat. Pasalnya, di pesawat dilarang bawa gas. Jadi tinggal bawa tabung kosong lalu diisi di tempat tujuan.

Jika beli di toko, berat isi gas tabung tersebut bervariasi antara 220 gram s/d 230 gram. Namun, ternyata, jika trik isi ulangnya benar, tabung tersebut bisa diisi lebih banyak! Bagaimana caranya? Baca triknya di bawah ini.

Peringatan keras: sekalipun bisa diisi maksimal 400 gram, sebaiknya tabung jangan diisi sampai full batas maksimal karena rawan meledak. Sisakan sedikit ruang kosong agak sedikit. Maksimal sekitar 300 gram. Kurangi kalau lebih.

Awal percobaan yang saya lakukan, tabung setelah diisi ulang paling banter hanya muat 300 gram. Saat tabung diguncang masih terdengar bunyi, artinya tabung belum benar-benar penuh, namun sebaiknya biarkan tabung tersisa sedikit ruang kosong demikian, jangan sampai full total.

Gas tabung yang diisi posisikan di bawah. Foto: Koleksi Pribadi

Cara isi ulang: regulator dihubungkan ke tabung gas 3 Kg ke tabung gas yang akan diisi ulang (lihat foto). Pastikan terpasang erat, kuat dan tidak bocor. Posisikan tabung gas 3 Kg lebih tinggi.
Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline