Lihat ke Halaman Asli

Makna Tahun Baru Islam 1442 H

Diperbarui: 19 Agustus 2020   13:04

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Muharram (sumber: pontianak.tribunnews.com)

Besok, 20 Agustus 2020 pada penanggalan Masehi adalah bersamaan dengan Tahun Baru Islam 1442H. Tahun baru Islam selalu diawali oleh bulan Muharram yang disebut sebagai bulannya Allah, karena pada bulan ini umat Islam tidak boleh berperang termasuk dengan dirinya sendiri. Jadi umat Islam dilarang berbuat dosa pada bulan Muharram, atau bulan yang diharamkan untuk berperang.

Dalam Islam ada empat bulan yang diharamkan dari dua belas bulan yang ada, yakni Dzulqaddah, Dzulhijjah, Muharram dan Rajab Mudhar.  Pada bulan haram umat Islam justru diharapkan untuk berbuat amal sholeh karena pahalanya lebih besar dibandingkan bukan-bulan lainnya. Sama halnya bila manusia berbuat dosa pada bulan haram, maka kezholimannya akan lebih besar daripada bulan-bulan lainnya.

Diantara keempat bulan haram, bulan Muharram adalah bulan paling istimewa. Puasa paling utama setelah bulan Puasa adalah berpuasa pada bulan Allah (Muharram). Sedangkan shalat paling utama adalah shalat malam. 

Bulan Muharram mendapat sebutan khusus yakni 'syahrullah' atau tepatnya 'syahrullah al Asham (bulan Allah yang sunyi). Karena saking sucinya bu;lan ini, maka harus tidak terjadi riak atau konflik.

Sebagai awal tahun Islam diawali dengan bulan haram (Muharram) dan diakhiri dengan bulan haram pula ( Dzulhijjah) dan tak ada bulan yang lebih agung di sisi Allah daripada bulan Muharram.

Itulah sebabnya umat Islam wajib menghormati bulan-bulan haram, khususnya bulan Muharram. Selamat memasuki Tahun Baru Islam 1442H.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline