Lihat ke Halaman Asli

Manfaat Informasi Akuntansi Pertanggungjawaban dalam Menilai Kinerja Manajer

Diperbarui: 12 Juni 2019   01:23

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ekonomi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Caruizp

Pada era saat ini pertumbuhan dan persaingan  dunia bisnis mengharuskan perusahaan untuk jauh memandang kedepan guna mengantisipasi berbagai kemungkinan yang terjadi dan dapat mempengaruhi perkembangan perusahaannya dimasa mendatang. Setiap perusahaan pasti mempunyai tujuan yang akan dicapai, baik berupa laba dengan nilai yang maksimal, kelangsungan hidup, pertumbuhan perusahaan maupun menciptakan kesejahteraan masyarakat. Peran manajer sangat dibutuhkan dalam mengaktualisasi peranan akuntansi tersebut sebagai alat pengawasan biaya yang kita kenal dengan sistem akuntansi pertanggungjawaban.

Apa yang dimaksud dengan informasi akuntansi pertanggungjawaban? Apa sebenarnya kinerja itu? Dan apa manfaat dari informasi akuntansi pertanggungjawaban dalam menilai kinerja manajer?

Mari kita bahas satu persatu

Apa yang dimaksud dengan informasi akuntansi pertanggungjawaban?

Informasi aktiva, pendapatan, atau biaya yang dihubungkan dengan manajer yang bertanggung jawab atas pusat pertanggungjawaban tertentu merupakan informasi akuntansi pertanggungjawaban.

Apa sebenernya kinerja itu?

Kinerja itu sendiri menurut Rivai, Basri ( Sinambela, 2010:6) adalah hasil atau tingkat keberhasilan seseorang atau keseluruhan selama periode tertentu di dalam melaksanakan tugas dibandingkan dengan berbagai kemungkinan, seperti standar hasil kerja, target atau sasaran, atau kriteria yang telah ditentukan terlebih dahulu dan telah disepakati bersama. Kinerja dapat diketahui dan diukur jika organisasi tersebut memiliki target, kriteria atau standar keberhasilan yang telah ditetapkan.

Apa manfaat dari informasi akuntansi pertanggungjawaban dalam menilai kinerja manjer?

Menurut Mulyadi (edisi 3:174) " Informasi akuntansi pertanggungjawaban yang berupa informasi masa yang akan datang bermanfaat untuk penyusunan anggaran. Sedangkan untuk informasi akuntansi pertanggungjawaban yang berupa informasi masa lalu bermanfaat  sebagai penilai kinerja manajer pusat pertanggungjawaban dan pemotivasi manajer ". Akuntansi pertanggungjawaban sangat bermanfaat dan diperlukan bagi perusahaan besar dalam kegiatan usahanya yang memerlukan pembagian tugas dan tanggung jawab.

  • Informasi akuntansi pertanggungjawaban sebagai dasar penyusunan anggaran

Proses penetapan peran dalam usaha pencapaian sasaran perusahaan merupakan proses penyusunan anggaran. Proses penyusunan anggaran akan ditetapkan siapa yang nantinya berperan dalam melaksanakan sebagian aktivitas pencapaian sasaran perusahaan. Usaha pencapaian sasaran perusahaan tersebut manajer berperan mengukur dengan satuan moneter standar yang berupa informasi akuntansi.

Penyusunan anggaran hanya mungkin dilakukan jika tersedia informasi akuntansi pertanggungjawaban. Dalam proses penyusunan anggaran, informasi akuntansi pertanggungjawaban berfungsi sebagai alat pengirim peran (role sending device) kepada manajer yang diberi peran dalam pencapaian sasaran perusahaan. Jika seorang manajer tidak menghasilkan kinerja yang baik atau tidak menyadari perannya sebagai manajer maka seorang manajer di anggap tidak berprestasi tinggi.

  • Informasi akuntansi pertanggungjawaban sebagai penilai kinerja manajer pusat pertanggungjawaban
Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline