Lihat ke Halaman Asli

Soal UAS Penulisan Naskah TV II (AKINDO/VAB)

Diperbarui: 11 Januari 2016   09:53

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Media. Sumber ilustrasi: PIXABAY/Free-photos

• Buatlah sebuah naskah skenario televisi untuk program film/sinetron/drama/animasi dengan topik bebas (sesuai selera/ketertarikan Anda) dengan menyempurnakan naskah skenario (Ujian Tengah Semester/UTS) yang sebelumnya sudah dikerjakan sesuai dengan berbagai teori yang sudah didapatkan. Penyempurnaan bisa dilakukan dengan menambahkan ide/gagasan yang diperoleh dari dosen pengampu, rekan, maupun pembaca lainnya. Bisa juga dilakukan dengan menambah kompleks jalan cerita/plot, konflik, pemeran, dan strategi lainnya.

• Minimal ada empat aspek yang harus/wajib ditampilkan dalam penulisan naskah skenario televisi tersebut meliputi: sinopsis (dibuat dalam dua model; yaitu sinopsis untuk calon produser/sponsor dan sekaligus sinopsis untuk calon pemirsa; penokohan tiga dimensi (fisiologis, psikologis, dan sosiologis); pengadeganan serta pembabakan (treatment), serta sumber inspirasi/referensi.

• Penokohan harus kuat karakternya (minimal tiga pemeran ditampilkan: protagonis, antagonis, figuran/pemeran pembantu), dan pendramatisasian konflik secara maksimal dengan melandaskan kuat pada pengalaman hidup Anda atau pengalaman hidup orang lain didukung kajian berbagai literatur yang relevan.

• Panjang naskah skenario minimal 10 halaman kuarto (A4) spasi 1,5 dengan margin kertas atas=bawah=kiri=kanan=3 cm serta diketik dengan huruf Palatino Linotype 12.

• Naskah jadi harus dijilid rapi sebanyak dua buah dengan sampul kertas berwarna biru (satu jilidan untuk dikumpulkan kepada dosen pengampu mata kuliah dan satu jilidan untuk dokumen pribadi).

• Mahasiswa juga harus mengirimkan naskah dalam bentuk softcopy melalui e-mail: padiyanto@yahoo.com dengan nama berkas (file): Nama_Kelas_Judul Naskah Skenario. Contoh: “Endah_VA AKINDO_Mengejar Bayang-Bayang”. Naskah jilidan dan softcopy (e-mail) paling lambat dikumpulkan Sabtu, 23 Januari 2016 pukul 14.00 WIB. Informasikan kepada dosen pengampu via SMS/WA: 0817-9447-204 jika sudah selesai mengerjakan. Tidak ada toleransi keterlambatan pengumpulan tugas UAS.

• Soal ini bisa juga diakses secara daring dengan meng-klik: http://www.kompasiana.com/Supadiyanto

Selamat mengerjakan, semoga sukses!




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline