Lihat ke Halaman Asli

Supadilah

Guru di Indonesia

Nggak Cuma Jadi Pengajar, Ini Dia 4 Peran Guru

Diperbarui: 20 November 2020   23:01

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Seorang guru sedang mengajar online (dokumen pribadi)

Seorang guru tidak hanya dituntut sebagai pengajar saja. Dalam berinteraksi dengan siswa, dia memiliki banyak peran yang harus dimainkan. Tentu sebagai guru kita nggak mau kan hanya menjalankan kewajiban kita sebagai pengajar.

Nah, inilah beberapa peran yang bisa dimainkan oleh seorang guru.

4 Peran Guru (Infografis diolah sendiri)

Guru Sebagai Motivator

Seorang guru harus bisa memposisikan diri sebagai motivator. Memberikan motivasi kepada peserta didik. Sebab kadang peserta didik dalam kondisi yang kurang semangat, lesu, atau banyak masalah. Mungkin siswa sedang mengalami kondisi yang tidak baik. Misalnya bosan akibat terlalu lama dalam kondisi korona seperti ini.

Maka, peran guru memberikan motivasi kepada siswa agar tetap semangat dalam menghadapi kondisi pandemi. Menemukan cara sendiri agar tetap semangat menjalani belajar daring.

Banyak siswa siswa memiliki merasa sulit untuk diraih cita-citanya. Maka peran guru-lah memberikan motivasi kepadanya agar dapat kembali semangat dan berjuang meraih cita-citanya.

Guru Sebagai Pelatih

Setiap manusia punya potensi. Tapi ada yang sudah ketemu potensinya, ada yang belum paham juga. Seorang murid yang sudah paham dengan potensinya sangat perlu didukung oleh seorang guru.

Misalnya ada seorang siswa yang suka desain grafis. Tapi dia bingung ke mana akan menyalurkan dan mengasah bakatnya. Sebagai pelatih guru dapat meningkatkan potensi dan bakatnya menjadi sebuah prestasi.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline