Lihat ke Halaman Asli

SUNARTI

Ahli gizi

Kulit Telur Menentukan Nutrisi di Dalamnya

Diperbarui: 5 Juni 2020   09:10

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Telur merupakan sumber protein hewani yang lebih murah dibandingkan dengan sumber hewani yang lainnya. Selain murah, telur itu mudah untuk didapatkan dan juga gampang untuk dibuat kreasi makanan untuk dibuat olahan makanan yang lainnya ataupun dijadikan sebagai bahan dasar untuk beberapa makanan yang kita sukai.

Ketika memilih telur saat membeli sebaiknya kita lebih teliti dalam memilihnya agar mendapatkan kualitas telur yang baik, salah satu cara untuk menentukan apakah telur yang kita pilih itu kualitasnya baik atau tidak kita dapat melihatnya dari kulit telur.

Jika kita mendapatkan telur dengan kulit lunak itu mendandakan bahwa telurnya prematur, adanya pestisida, kurangnya hormon estrogen, adanya penyakit, kurangnya kalsium dan vitamin D. Jika didapatkan kulit telur tipis maka itu menandakan kurangnya kandungan nutrisi pada pakan, penyakit tertentu atau keturunan. Sedangkan  jika kulit telur berkapur dan mengkilap itu menandakan kurang berfungsinya uterus pada induk ayam. Apabila bentuknya tidak normal artinya adanya penyakit pernafasan pada induk ayam




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline