Lihat ke Halaman Asli

Sukir Santoso

pensiunan guru yang suka menulis

Mengenali Potensi Diri

Diperbarui: 13 Mei 2023   15:25

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Lyfe. Sumber ilustrasi: FREEPIK/8photo

 

MENGENALI POTENSI DIRI

Oleh: Sukir Santoso

Setiap individu memiliki potensi yang berbeda-beda, baik dalam hal keterampilan, bakat, kecerdasan, maupun kepribadian. Namun, seringkali potensi diri kita tidak teridentifikasi dengan baik sehingga tidak dimanfaatkan secara optimal. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk mengenali potensi diri yang ada.

Mengenali potensi diri adalah proses mengidentifikasi dan memahami kemampuan, mi nat, dan karakteristik diri sendiri. Hal ini dapat membantu kita dalam mengambil keputusan yang lebih tepat dan mencapai tujuan hidup yang diinginkan.

Ada lima langkah yang harus dilalui untuk mengenali potensi diri sendiri yakni, mengenal diri sendiri, mengeksplorasi bakat dan ketrampilan, mengembangkan kemampuan, menciptakan lingkungan yang mendukung, dan menerima diri sendiri.

LANGKAH PERTAMA: MENGENAL DIRI SENDIRI

Langkah pertama untuk mengenali potensi diri adalah dengan memahami siapa diri kita ini sebenarnya. Hal ini meliputi mengetahui karakteristik pribadi, minat, nilai, kelemahan, dan kelebihan diri. Dengan mengenal diri sendiri, kita dapat memperkuat potensi yang dimiliki dan meminimalisir kelemahan.

Namun mengenali potensi diri bukanlah sebuah proses yang mudah. Banyak orang yang mengalami kesulitan dalam mengidentifikasi kemampuan dan minat yang dimiliki, apalagi dalam mengembangkan potensi tersebut secara optimal. Tetapi bila kita berhasil mengenali potensi diri kita, manfaatnya dapat sangat besar bagi kehidupan kita bahkan untuk orang di sekitar kita.

Untuk mengenal diri sendiri, ada beberapa hal yang perlu dilakukan, antara lain, melakukan refleksi diri, mengamati perilaku dan respon diri sendiri terhadap situasi tertentu, mengidentifikasi nilai dan keyakinan, mengumpulkan umpan balik atau feedback dari orang, dan mencatat perkembangan diri.

Refleksi Diri 

Carilah waktu untuk merenung dan merefleksikan diri sendiri. Pikirkan tentang apa yang membuat kita bahagia dan tidak bahagia, apa yang membuat kita stres dan tenang, serta apa yang menjadi sumber motivasi dan inspirasi. Dalam proses ini, penting untuk jujur dan terbuka terhadap diri sendiri.

Contoh refleksi diri yang dapat dilakukan, adalah dengan memikirkan tentang pengalaman hidup yang telah dilalui. Misalnya, saat mengalami kegagalan dalam sebuah usaha, seorang kita dapat merefleksikan diri dan mengidentifikasi penyebab kegagalan. Mungkin karena kurangnya keterampilan, kurangnya waktu, atau faktor lain yang mempengaruhi keberhasilan usaha tersebut.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline