Lihat ke Halaman Asli

Sudomo

Guru Penggerak Lombok Barat

7 Langkah Mudah Menulis Artikel Wisata Sejarah

Diperbarui: 25 Maret 2023   12:51

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi lokasi wisata Taman Narmada (Foto: dokumentasi pribadi) 

Menulis artikel wisata sejarah tidak berbeda jauh dengan menulis wisata pada umumnya. Perbedaan terletak pada destinasinya saja. 

Sebagai salah satu bentuk tulisan, menulis artikel wisata sejarah pun juga harus memperhatikan pola 5W + 1H. Pola ini dipercaya akan memberikan informasi yang lengkap terhadap lokasi wisata sejarah. 

Penggunaan pola ini pada prinsipnya sama dengan bentuk artikel wisata pada umumnya. Penerapan pola selain agar tulisan lengkap juga untuk memudahkan penulisan. 

Mengapa harus menulis artikel wisata sejarah?

Hal ini tentu berkaitan dengan upaya turut menggaungkan wisata daerah. Melalui artikel wisata sejarah penulis dapat mengenalkan sejarah sebuah situs di daerahnya. 

Terutama jika situs tersebut memiliki keunikan yang belum banyak orang tahu. Tentu artikel ini akan sangat membantu. 

Artikel wisata sejarah yang ditulis dengan baik akan berpotensi menjadi sumber belajar. Pastinya bagi siapa saja yang membutuhkan. 

Selain itu, menulis artikel wisata sejarah juga memiliki tantangan. Bagi yang suka tantangan, menulis artikel wisata sejarah akan memunculkan kepuasan tersendiri. 

Bagaimana langkah mudah menulisnya?

Setidaknya ada 7 langkah yang akan memudahkan dalam penulisan. Ketujuu langkah ini bisa menjadi kunci dalam memulai dan menyelesaikan tulisan. 

Bagaimanapun juga, tidak akan ada tulisan baik jika tidak pernah dituliskan. Sebab tulisan yang baik adalah yang berhasil diselesaikan. 

1. Melakukan riset

Melakukan riset bukan saja monopoli tulisan ilmiah akademis. Melainkan juga untuk tulisan lainnya. Melakukan riset ini dilakukan untuk mengumpulkan informasi. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline