Lihat ke Halaman Asli

Sri Pangestu

Profesi sebagai mahasiswa

Strategi Pemasaran UMKM

Diperbarui: 11 Mei 2024   12:43

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Seberapa penting strategi pemasaran untuk UMKM?UMKM dapat berkembang melalui strategi pemasaran.Menurut Tjiptono (1995) Strategi pemasaran pada dasarnya adalah rencana yang menyeluruh, terpadu dan menyatu di bidang pemasaran, yang memberikan panduan tentang kegiatan yang akan dijalankan untuk dapat tercapainya tujuan pemasaran suatu perusahaan. Pemasaran yang dirancang dengan strategi akan lebih mudah untuk UMKM mengalahkan pesaingan bisnis yang semakin hari semakin kuat.

UMKM memiliki peran yang positif untuk masyarakat,salah satunya adalah UMKM dapat membantu meningkatkan ekonomi masyarakat. UMKM memberikan peluang kerja bagi masyarakat, terutama di daerah pedesaan dan perkotaan yang memiliki tingkat pengangguran yang tinggi.Sumber (majoo.id/blog/detail/umkm-bidang-usaha-pembuka-lapangan-kerja). UMKM yang memiliki strategi yang baik juga dapat memberi pengetahuan kepada kepada Masyarakat tentang bagaimana usaha yang dapat berjalan lama dan terus eksis di Masyarakat luas.

Beberapa faktor penyebab UMKM tidak menerapkan strategi pemasaran adalah (1.)Pengetahuan yang kurang tentang strategi pemasaran oleh pengusahsa UMKM.(2.) Pengusaha bisnis UMKM merasa puas dengan bisnis,karena dianggap sudah memiliki pelanggan,sehingga beranggapan tidak memerlukan strategi pemasaran.Berikut adalah cara untuk mengatasi masalah tersebut (1.) Pengusaha UMKM mengikuti latihan tentang strategi pemasaran UMKM. (2.) Pengusaha membangun strategi sesuai perkembangan trend dan teknologi.

Beberapa manfaat dari menerapkan strategi pemasaran yaitu;(1)Dengan strategi pemasaran menjadikan UMKM lebih berkembang.(2)UMKM memiliki pemasaran yang lebih terencana,dan (3)Dapat mengurangi jumlah pengangguran.Maka dari itu,UMKM dapat berkembang ketika memiliki strategi pemasaran yang baik dan efektif.Berikut adalah strategi pemasaran yang benar: (1)Kenali target pasar Anda dengan baik.(2)Buat brand identity yang kuat.(3)Fokus pada pemasaran konten.(4)Manfaatkan kekuatan media sosial.(5)Tawarkan insentif kepada pelanggan.

Pentingnya strategi pemasaran tidak bisa diabaikan dalam upaya mencapai kesuksesan bisnis, karena melalui strategi yang tepat, perusahaan dapat mengidentifikasi pasar yang tepat, memperkuat citra merek, meningkatkan penjualan, serta memperluas pangsa pasar, yang pada akhirnya membawa dampak positif dalam pertumbuhan dan keberlanjutan bisnis secara keseluruhan. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa strategi pemasaran bukan hanya penting, tetapi merupakan pondasi utama bagi kesuksesan jangka panjang suatu bisnis.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline