Lihat ke Halaman Asli

Rani Sofya

Seorang Ibu, pengajar, pembelajar, hobi masak

Smart Strategi E-Digital di Era New Normal Pada UKM Sulaman Pariaman

Diperbarui: 22 September 2022   14:02

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok. pribadi

Dosen Universitas Putra Indonesia YPTK Padang, melaksanakan pengabdian pada masyarakat pada UKM Sulaman pariaman, pelaksanaan kegiatan ini di ketuai oleh Deni Suwandhani ST., MM sebagai salah satu dosen yang lulus mendapatkan dana Hibah Pengabdian Kepada Masyarat (PKM) dengan Skema Program Kemitraan Masyarakat Stimulus Tahun 2022 dari Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek). Pelaksanaan kegiatan ini juga berkerjasama dengan dosen STIE Perdagangan Thesa Alif Ravelby, SE, MM. Suhery, SE. Akt. Dan Muthia Roza Linda, SE.,MM (Universitas Negri Padang). kegiatan ini di mediasi oleh Bapak Alyendra, SH, selaku kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UMKM Kota Pariaman. Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Bapak Kepala Dinas Koperindagkop dan UMKM Kota Pariaman.

Menurunnya hampir 50% pendapat penjualan sulaman dampak dari Covid-19 menjadi dasar pemikiran untuk pelaksanaan pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh Tim. Dua hal yang dilakukan oleh Tim ini untuk mencapai tujuan dari pengabdian yang dilakukan, yaitu memberikan edukasi kepada pelaku usaha mengenai apa itu digital marketing dan bagaimana keterkaitannya dengan media social, serta manfaatnya bagi pelaku usaha yang tujuan utamanya agar dalam kegiatan usaha, para pelaku usaha dapat menggunakan teknologi dan media social dalam melakukan marketing dan penjualan produknya. 

Melalui pemanfaatan digital marketing diharapkan pelaku usaha mau untuk memasarkan usahanya menggunakan teknologi, seperti dimedia social atau platform market place yang tersedia. Kemudian pelaku usaha dibekali pengetahuan mengenai bagaimana untuk melakukan digital marketing melalui media social atau market place yang tersedia tersebut.

Dengan adanya peningkatan pengetahuan UMKM dalam hal digital marketing diharapkan pelaku usaha dapat memasarkan dan menjual produk mereka secara luas melalui digital marketing, maka akan dapat meningkatkan penjualan sehingga otomatis produksi meningkat dan membawa kesejahteraan masyarakat pelaku usaha kerajinan. Oleh karena itu, diharapkan melalui kegiatan pengabdian masyarakat ini akan mampu meningkatkan pengetahuan mengenai digital marketing para UMKM dan mampu melakukan praktek digital marketing pada saat dilakukannya penjualan secara online.

Dok. pribadi




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline