Lihat ke Halaman Asli

Pelatihan Mendongeng

Diperbarui: 24 Juni 2015   17:08

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Pelatihan Mendongeng Untuk Tingkat TK, SD, Pendamping Anak

Kegiatan belajar mengajar adalah suatu momen dimana guru dan murid berinteraksi satu sama lain. Dalam suatu proses pembelajaran, kerja sama yang baik antara guru dan murid menjadi faktor penting untuk pencapaian hasil yang maksimal dari suatu proses belajar mengajar. Kekuatan dan kompetensi guru dalam mempersiapkan materi pembelajaran, metode pembelajaran, dan media pembelajaran yang tepat bagi muridnya juga menjadi faktor penentu kegagalan atau kesuksesan suatu proses belajar mengajar di kelas. Materi, metode, dan media pembelajaran menjadi hal penting yang harus dipersiapkan oleh guru agar materi pembelajaran dapat terserap sempurna oleh muridnya.

Ada banyak metode pembelajaran yang dapat di gunakan sebagai senjata para guru dalam menyampaikan materi pembelajaran. Metode mendongeng merupakan salah satu dari sekian banyak metode pembelajaran yang sangat efektif untuk digunakan dalam penyampaian materi pembelajaran agar terserap oleh para siswa dengan maksimal. Atmosfer yang menyenangkan dan mengasyikan selama proses belajar mengajar membuat para siswa belajar jauh dari rasa terpaksa, takut, dan tertekan.

Metode mendongeng memerlukan kompetensi yang lebih dalam penerapannya karena memerlukan teknik yang cukup berbeda dari metode-metode pembelajaran yang lainnya. Penguasaan teknik vokal, gerak tubuh, dan penguasaan panggung (kelas) sangat penting untuk dimiliki oleh para guru dalam menggunakan metode ini ketika mengajar. Teknik mendongeng yang baik merupakan kompetensi yang penting untuk dimiliki oleh para guru agar mempunyai kemampuan lebih dalam mengoptimalkan seluruh panca indra murid selama belajar. Teknik mendongeng yang baik juga penting untuk dimiliki oleh para pendamping anak dan orang tua agar bisa menanamkan nilai-nilai moral yang baik bagi anak-anak mereka.

Mengingat pentingnya kemampuan mendongeng ini, DED akan mengadakan pelatihan mendongeng untuk tiga gelombang. Gelombang pertama pada tanggal 26-27 April 2013, gelombang dua 30-31 Agustus 2013, dan gelombang tiga 15-16 November 2013. Tempat pendafaran kantor Dinamika Edukasi Dasar Jl. Affandi (Gejayan) Gang Kuwera 14 Mrican Yogyakarta dari hari Senin-Jumatpukul 09.00-15.00 WIB. Contact person:Novi Dwi Rusmawaty 0856 2670 866 Email:noviarka@ymail.com, Eka Adi Sunarso 081548384038Email: yohanes.ekaadisunarso@yahoo.com,DED (0274) 560330 dan formulir dapat di download melalui www.dinamikaedukasidasar.org.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline